5 Tips Memulai Bisnis Dari Nol Di tengah Pandemi

5-Tips-Memulai-Bisnis-Dari-Nol-Di-tengah-Pandemi

Sudah setahun berlalu, tetapi wabah pandemi belum juga diketahui kapan akan benar-benar berakhir. Kondisi seperti ini memaksa kita untuk beradaptasi agar mampu bertahan, termasuk dalam mencari penghasilan. Seperti diketahui, pandemi berdampak pada hampir semua lini kehidupan, banyak karyawan yang harus rela kehilangan pekerjaan. Akibatnya, sumber pemasukan berkurang.

Oleh sebab itu, berbisnis seolah menjadi solusi di tengah pandemi agar pemasukan tetap stabil. Nah, berikut beberapa tips memulai bisnis di tengah kondisi pandemi yang bisa Kamu coba.

Pilihlah bisnis yang sesuai passion

Bisnis itu bukan untuk coba-coba, jadi jika ingin serius menjalaninya Kamu bisa memulai dari bidang yang menjadi kesukaan atau passion-mu. Misalnya Kamu suka berkebun, tidak ada salahnya jika memulai jualan tanaman yang sedang viral belakangan ini. Kamu jelas lebih mengenal seluk beluk bisnis yang sedang dijalankan.

Tidak menampik, menjalani bisnis dari sesuatu yang disukai akan jauh lebih terasa mudah. Kamu akan betah bahkan tidak mengeluh ketika bisnis berjalan diluar ekspektasi. Bahkan tidak menutup kemungkinan, Kamu akan jauh lebih mudah mengembangkan ide-ide baru.

Lebih peka terhadap peluang yang berpotensial

Sebelum memulai bisnis, penting sekali untuk lebih peka terhadap peluang di sekitar. Pertimbangkan untuk menjual produk atau jasa yang banyak dicari orang sekalipun di tengah pandemi. Misalnya saja, jual makanan beku siap saji / siap masak, atau menjual home dress / daster.  Sasaran empuk bisnis ini tentu saja perempuan, karena selama pandemi banyak aktivitas yang hanya dilakukan di rumah. Jika Kamu memiliki skill khusus, Kamu bisa membuka kursus online.

Kamu juga bisa melakukan survei pasar agar lebih mudah menentukan produk apa yang banyak dicari orang. Caranya, mengikuti tren yang sedang viral atau melakukan wawancara langsung kepada calon pembeli.

Menghitung kebutuhan modal

Di dalam berbisnis, modal merupakan kunci utamanya. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhitungkan terkait besar modal awal. Kamu harus memperhitungkan berapa calon karyawan, besar gaji mereka, biaya sewa lapak, ongkos kirim barang pesanan dan sebagainya.

Masing-masing pelaku bisnis pastilah mempunyai besaran modal yang tidak sama. Dengan melakukan kegiatan tersebut, Kamu akan jauh lebih siap untuk memulai bisnis di tengah pandemi.

Jika memungkinkan, mulailah bisnis dengan modal kecil tapi konsisten dalam menjalankannya. Pelan tapi pasti jauh lebih baik daripada segala hal yang terburu-buru, pun begitu dalam menjalankan bisnis. Berbisnis bisa dimulai dari kecil-kecilan, Kamu dapat menambah aset setelah terlihat ada kemungkinan baik.

Optimalkan kekuatan media sosial

Hidup di era digital memang terkadang menguntungkan, apalagi jika dimaksimalkan dengan baik. Manfaatkan media sosial dan beberapa platform e-commerce untuk memasarkan bisnismu. Daripada media sosial hanya untuk stalking gosip artis, sebaiknya dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis.  Jangan malu untuk menawarkan bisnis di grup whatsApp keluarga, teman sekolah atau tetangga.

Akan lebih baik, jika Kamu mempunyai akun bisnis dan memanfaatkan fitur Ads di Instagram atau Facebook untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Coba bisnis waralaba

Bagi pebisnis pemula yang masih ragu-ragu dan khawatir gagal, bisa juga mencoba bisnis franchise. Karena bisnis waralaba memberikan beberapa keuntungan, salah satunya adalah konsep bisnis sudah matang. Kamu hanya perlu menjalankan saja dan apabila ada halangan, sudah tersedia mentor yang siap membimbing hingga masalah terpecahkan.

Dalam hal pemasaran produk, biasanya pemilik usaha franchise akan siap membantu. Jadi, jika ingin mudah menjalankan bisnis, pilihlah produk yang cepat laku dan banyak dikenal publik.

Itulah 5 tips untuk memulai bisnis di tengah pandemi. Semoga informasi di atas dapat membantumu bertahan dan meraih kesuksesan. Apapun jenis usaha yang hendak dijalankan, kuncinya adalah konsisten, bekerja keras dan pantang menyerah. Risiko selalu ada di depan mata, tapi jangan takut gagal sebelum pernah mencobanya.

 

0 Response to "5 Tips Memulai Bisnis Dari Nol Di tengah Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel