Mengapa Pembukuan Itu Penting Bagi Bisnis?

Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perusahaan

Ada sebuah pikiran di para pebisnis baru Agar sebuah perusahaan dapat terus dikenal oleh konsumen dan dapat melakukan penjualan secara berkelanjutan memang dibutuhkan marketing yang handal. Marketing saat ini menjadi kebutuhan wajib dan dianggap sebagai ujung tombak yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan.

Mengapa-Pembukuan-Itu-Penting-Bagi-Bisnis

Namun, tau kah kamu bahwa kebanyakan perusahaan yang hanya berfokus pada strategi marketing akan mengalami kondisi krusial pada saat segala sesuatunya diluar ekspektasi. Padahal ada penunjang keberhasilan perusahaan lain yang tidak kalah penting, yakni pembukuan, baik secara manual ataupun dengan bantuan software pembukuan. Sebagai pemilik usaha, Anda perlu mengetahui pentingnya pembukuan untuk perusahaan. Pembukuan  adalah proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan keuangan secara teratur dan terperinci.

Hal yang harus dikumpulkan dalam membuat pembukuan antara lain modal, biaya dan penghasilan, kewajiban, dan sebagainya. Secara singkat, hal ini dapat diartikan sebagai pencatatan transaksi masuk dan transaksi keluar yang terjadi akibat dari aktivitas bisnis yang dilakukan.

Pembukuan ini nantinya akan diteruskan menjadi laporan keuangan. Pentingnya pembukuan untuk perusahaan merupakan hal yang harus diperhatikan karena kerap kali pemilik bisnis mencampur keuangan pribadi dan perusahaan yang nantinya akan membingungkan pemilik bisnis.

Jika hal tersebut terjadi, mereka bisa saja menggunakan keuangan pribadi untuk perusahaan dan begitupun sebaliknya. Oleh karena itu sekecil apapun bisnis yang digeluti, seorang pengusaha harus mengerti pentingnya pembukuan untuk perusahaannya. Dengan demikian, bisa diketahui hasil yang diperoleh dan mengalokasikannya untuk rencana usaha kedepannya.

Bagi para pengusaha yang belum mengetahui apa saja pentingnya pembukuan untuk perusahaan, berikut penjelasannya.

Melacak Pengeluaran

Anda pasti tidak mau jika uang Anda digunakan untuk hal-hal yang tidak jelas arah tujuannya. Begitupun dalam perusahaan dimana angka sekecil apapun akan diperhitungkan. Penting untuk perusahaan membuat pembukuan yang rapi agar setiap pengeluaran bisa diketahui dengan jelas. Ini akan sangat membantu untuk mengontrol pembelian yang tidak terlalu penting, menentukan harga jual yang akan dibuat, dan menentukan pajak yang harus dibayar.

Membantu Pembuatan Anggaran

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ketika Anda mengetahui pengeluaran yang dibutuhkan, akan lebih mudah untuk membuat anggaran dengan bijaksana. Anggaran dapat membuka peta jalan keuangan untuk bisnis Anda sehingga dapat merencanakan pengeluaran di masa depan dan mengantisipasi biaya yang tidak terduga.

Pembayaran Pajak

Selain membantu penentuan berapa pajak yang akan dibayar, pembukuan juga akan mempermudah proses pembayarannya. Dengan adanya pembukuan, Anda dapat langsung menyuguhkan informasi keuangan yang lengkap pada waktu yang dibutuhkan. Jadi, tidak akan ada drama mencari dan kehilangan tanda terima, faktur dan lain sebagainya pada perusahaan.

Membantu Analisis

Pembukuan yang lengkap dan terperinci akan menjadi pisau analisis bagi manajemen dan kinerja perusahaan. Anda juga akan terbantu dalam melaporkan arus kas masuk dan keluar dengan detail. Pembukuan akan memperlihatkan lini bisnis mana yang menghasilkan keuntungan dan mana yang tidak.

Pembuatan Keputusan

Setelah analisis dilakukan, saatnya untuk membuat keputusan bagi perusahaan. Pembukuan yang lengkap akan menghasilkan analisis tepat yang nantinya berpengaruh pada keputusan yang akan diambil oleh perusahaan. Karena keputusan yang baik harus berdasarkan informasi keuangan secara lengkap, dan proses pembukuan dapat menyediakan dan memberikan gambaran yang jelas mengenai informasi keuangan.

Manajemen Keuangan

Pembukuan memberi gambaran yang jelas tentang bagaimana Anda membelanjakan uang. Manfaatkan hal ini untuk mengatur keuangan perusahaan dan mengendalikan bisnis keuangan bisnis dengan baik.

Kemudahan Pelaporan pada Investor

Investor kerap kali meminta laporan kinerja perusahaan untuk mengukur nilai investasinya. Calon investor lebih cenderung berinvestasi dalam bisnis ketika Anda telah mengatur informasi keuangan secara teratur. Dengan adanya pembukuan, memungkinkan investor memiliki untuk informasi terkini dan terlengkap yang dapat diakses dengan mudah serta cepat. Karena itu, investor pun dapat membuat keputusan yang lebih baik. Tidak hanya pada investor saat ini tetapi juga investor di masa depan.

Adanya pembukuan pada perusahaan memang sangat penting, walaupun dimulai dengan pembukuan yang sederhana. Selain proses marketing, pembukuan juga menjadi pokok dari manajemen usaha. Laporan yang tidak teratur akan membebani Anda sebagai pemilik bisnis. Dengan banyaknya hal lain yang harus diperhatikan, pembukuan secara teratur akan membantu Anda terbebas dari drama kehilangan faktur, tanda terima, dan laporan lainnya.

Ketika proses pembukuan selesai, Anda pun akan lebih memahami informasi keuangan perusahaan sehingga bank dan auditor bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan. Namun sebaliknya, Anda akan merasa nyaman dan lebih fokus pada elemen-elemen lain dari bisnis Anda. Proses ini bisa menjadi lebih mudah apabila menggunakan bantuan program pembukuan yang bisa dengan mudah diperoleh. Jurnal adalah salah satu software akuntansi terbaik yang akan membuat hidup lebih mudah dengan laporan instan.

Efisienkan waktu Anda dengan merekam semua transaksi (pemasukan dan pengeluaran) secara langsung di Jurnal. Tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga untuk mendapatkan percobaan gratisnya selama 14 hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel