Tips Memulai Bisnis Kopi Kekinian di Kalangan Milenial

Masih Populer, Ini Dia Tips Memulai Bisnis Kopi Kekinian di Kalangan Milenial!

Tips-Memulai-Bisnis-Kopi-Kekinian-di-Kalangan-Milenial


Minum kopi adalah salah satu kebiasaan yang kental akan budaya bangsa Indonesia. Bagaimana tidak? Bagi masyarakat Indonesia, minum kopi bahkan sudah jadi bagian dari rutinitas sehari-hari, lho. Nah, jika dulu minum kopi dianggap jadul, maka kini berbeda. Tren kopi kekinian pun mulai bermunculan.

Pada dasarnya, kopi kekinian memiliki jenis yang variatif. Booming-nya kopi kekinian akhirnya berhasil mengangkat banyak merek-merek gerai lokal, yang berani bersaing di pasaran. Kamu tertarik memulai bisnis ini? Sebelumnya, yuk, simak tips memulai bisnis kopi kekinian di tengah milenial berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Kopi Kekinian Agar Sukses

Menentukan Konsep Bisnis

Langkah awal yang perlu Kamu lakukan adalah menentukan konsep bisnis atau business plan. Buat list pertanyaan, untuk memudahkanmu menentukan konsep, seperti:

  • Apa tujuan dari bisnis kopi kekinian?

  • Siapa saja yang menjadi kompetitor?

  • Apa saja ciri khas/keunikan dari bisnismu?

  • Siapa target pasarnya?

  • Berapa modal yang dibutuhkan?

  • Bagaimana strategi promosinya?

Semakin matang konsep yang Kamu buat, akan semakin lancar bisnismu bisa berjalan.

Menyiapkan Modal Usaha dengan Bijak

Hal paling krusial sekaligus menentukan adalah menyiapkan modal. Siapkan modal untuk bisnis kopi kekinian dengan matang dan bijak, ya. Ada beberapa cara yang bisa Kamu gunakan untuk menyiapkan dana. Misalnya, dengan mengandalkan tabungan, pinjaman di bank, atau melalui pinjaman online terdaftar. Pilih cara terbaik yang paling cocok dengan kondisi keuanganmu.

Menetapkan Target Pasar

Target pasar menjadi poin penting yang harus disiapkan, jika Kamu ingin memulai bisnis kopi kekinian. Ketika target pasar sudah ditetapkan, maka bisnismu pun akan berjalan ke arah yang lebih jelas. Misalnya, bisnis kopi kekinian biasanya memiliki target pasar kaum milenial. Sehingga, Kamu bisa menyiapkan segala aspek bisnismu, dengan lebih up to date dan mengikuti zaman.

Memilih Lokasi Terbaik

Lokasi yang strategis merupakan nilai plus dari sebuah bisnis. Nah, bisnis kopi kekinian yang memiliki target pasar anak-anak muda, akan lebih pas jika berlokasi di tempat yang dekat dengan dunia anak muda. Misalnya, kampus, gedung bimbingan belajar/les, sekolah, dan lainnya.

Menyiapkan Kopi dengan Rasa Terbaik

Semua konsep yang ada, harus juga dibarengi dengan rasa terbaik dari kopi yang disajikan. Jangan sampai bisnismu ramai di awal, tapi sepi kemudian, karena pengunjung yang tidak puas dengan rasa kopi yang ada. Jadi, pastikan bisnis kopi kekinianmu tidak hanya menyajikan konsep yang oke, tapi juga memuaskan dalam hal cita rasa.

Memilih Desain dan Dekorasi Kekinian

Bisnis kopi kekinian harus siap untuk selalu up to date dengan perkembangan tren terbaru. Termasuk untuk urusan desain dan dekorasi kedai kopi. Sesuaikan desain usahamu dengan perkembangan tren di kalangan milenial yang menjadi target pasarmu. Sehingga, konsumen pun akan selalu datang dan bisa menikmati suasana dengan nyaman.

Promosikan Bisnismu Melalui Media Sosial

Terakhir, manfaatkan keberadaan media sosial. Kamu bisa mempromosikan kedai kopimu melalui akun Instagram, misalnya. Buat tampilan akun yang menarik, dan post foto-foto terbaik. Agar semakin menarik minat kaum milenial untuk berkunjung ke kedai kopimu. Kamu juga bisa menggunakan jasa influencer/endorse, untuk semakin memperkenalkan bisnismu secara luas.

Dengan mengikuti tips memulai bisnis kopi kekinian ini, dijamin, Kamu pasti bisa menjadi pengusaha kopi yang sukses. Selamat mencoba!


0 Response to "Tips Memulai Bisnis Kopi Kekinian di Kalangan Milenial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel