Ini Pentingnya Mendaftar Merek Bagi Bisnis Pemula

 

Ini-Pentingnya-Mendaftar-Merek-Bagi-Bisnis-Pemula

Sebagai pebisnis pemula, Anda mungkin disibukkan dengan konsep, pemasaran produk, promosi, dan lain-lain yang berhubungan dengan bisnis Anda. Tapi, tahukah Anda? Ada hal yang seringkali terlewat ketika seseorang baru memulai bisnis, yaitu mendaftarkan merek dagangnya. 

Pada dasarnya, proses mendaftar merek dagang memang sedikit rumit dan membutuhkan biaya serta waktu yang tidak sedikit. Tapi, manfaat yang bisa Anda dapatkan juga sebanding, lho. Misalnya, adanya jaminan hukum dan juga produk Anda tidak mudah dicuri oleh orang lain. Nah, seperti apa penjelasan lengkapnya? Berikut alasan pentingnya mendaftar merek bagi bisnis pemula.

7 Alasan Pentingnya Mendaftar Merek

Sebagai Perlindungan Hukum

Yup, dengan mendaftarkan merek dagang, maka Anda sudah bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan hukum pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Jika merek dagang belum didaftarkan, maka orang lain bebas menggunakan produk yang sama, dan Anda tidak bisa menuntutnya. Meski proses mendaftar merek agak sulit, tapi bisa menghindarkan risiko produk Anda digunakan orang lain.


Produk Bisnis Punya Identitas

Merek merupakan sebuah tanda dari produk, yang bisa berupa gambar, logo, komposisi kata, dan warna. Jadi, dengan Anda mendaftar merek dagang yang Anda punya, maka produk Anda pun akan selalu memiliki identitas. Nantinya, jika Anda meluncurkan produk atau penawaran baru yang berkaitan dengan merek tersebut, masyarakat sudah mengetahui identitasnya. Tapi, tentunya Anda juga perlu melakukan branding yang baik, sehingga merek Anda pun bisa dikenal luas di tengah masyarakat.


Terhindar dari Plagiasi

Kebanyakan orang tidak akan senang jika barangnya dikembari oleh orang lain, bukan? Nah, sama seperti berbisnis. Anda tentu tidak ingin produk yang Anda produksi, sama dengan kompetitor Anda. Itulah gunanya mendaftar merek dagang dari bisnis Anda. Agar, tidak ada orang yang menyontek ide bisnis atau produk Anda, atau malah mengklaim produk tersebut sebagai miliknya. Selain itu, produk Anda juga akan punya karakteristiknya sendiri, yang akan dikenal oleh masyarakat.


Dapat Hak Eksklusif

Jika merek Anda sudah berhasil didaftarkan, maka produk Anda pun sudah mendapat perlindungan dari Undang-Undang yang berlaku. Tak perlu takut lagi, karena jika ada orang lain yang ingin menggunakan merek Anda, maka harus melakukan proses izin secara resmi. Intinya, tidak akan ada orang yang bisa menggunakan merek Anda seenaknya.


Punya Nilai Tambah

Merek dagang yang sudah didaftarkan pada Dirjen HAKI, akan memiliki nilai tambah dan aset dalam bisnis Anda. Di mana setiap tahunnya, akan ada kesempatan memiliki nilai yang semakin tinggi. 



Punya Nilai Ekonomis

Sama seperti nilai tambah, maka ada nilai ekonomis yang akan terbentuk jika merek dagang Anda sudah didaftarkan. Hasilnya, produk Anda akan selalu dicari oleh masyarakat, karena statusnya yang bisa dipercaya.


Bisa Jadi Bisnis Franchise

Jika bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis franchise, maka sudah selayaknya Anda mendaftar merek dagang ke Dirjen HAKI. Tentu saja dengan merek terdaftar, maka kepercayaan masyarakat terhadap produk Anda pun semakin meningkat.

Memulai bisnis memang harus dibarengi dengan pengetahuan yang mumpuni. Bukan hanya dalam proses untuk mendapatkan keuntungan, tapi juga dalam hal mengembangkan bisnis itu sendiri. 

Dengan mendaftar merek produk, Anda bisa lebih mudah dalam proses pengembangan bisnis, apalagi bagi Anda para pemula. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel