Jangan Halangi Kesuksesan Bisnis Anda Hanya Karena Belum Berbadan Hukum

 Bisnis memang sulit di tebak, tetapi keuntungan  bisa di prediksi, itulah yang menjadi dasar kenapa bisnis anda mesti berbadan hukum.  Karena dengan adanya  legalitas yang jelas sudah pasti bisnis yang anda jalankan bisa  berkembang dan terhindar dari sesuatu yang bisa merugikan  bisnis anda.

Jangan salah menanggapi seruan bahwa usaha yang kalian jalankan mesti memiliki legalitas yang  jelas. Hal itu bukan semata demi kepentingan pemerintah semata baik pusat ataupun daerah. Tetapi justru legalitas  tersebut akan bisa menjadi salah satu dasar bisnis anda untuk sukses.

Kenapa seperti itu, mudah menjelaskannya seperti berikut  ini : Pada dasarnya sebuah bisnis yang memiliki legalitas resmi akan bisa mengumpulkan kekayaan dari usaha yang di jalankannya. Sementara jika formatnya adalah Perusahaan Terbatas ( PT),  justru keberadaan perusahaan anda akan terlindungi. Karena PT adalah sebuah legalitas usaha yang bersifat khusus atau ekslusive  yang akan di jaga atau di sahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga dengan adanya kondisi  tersebut maka akan terhindarkan bahwa nama PT anda akan bisa di gunakan oleh orang lain atau pebisnis lainnya.  Karena jika hal itu di lakukan,  maka anda yang  pertama kali menggunakan nama tersebut bisa menggugatnya  secara hukum.

berbadan-hukum

Untuk skala bisnis yang ada di Indonesia sendiri, memang untuk format bisnis yang mesti memiliki legalitas resmi dari Pemerintah baik pusat ataupun daerah, terdiri dari beberapa bentuk seperti misalnya : Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Komanditer (CV), Koperasi dari berbagai bentuk usaha, Firma dan Persekutuan Perdata. Dari beberapa format bisnis diatas, memang ada baiknya  jika keberadaannya di dukung dengan adanya syarat legalitas hukum. Dengan adanya legalitas tersebut maka bisnis yang kalian jalankan tidak akan terlibat atau di rugikan oleh pihak lain hanya karena tidak memiliki legalitas hukum.

Secara hukum bisa kita jelaskan sebagai berikut, sejatinya dengan bisnis kita sudah berbadan hukum maka tidak akan bisa bisnis anda di tuntut atau di berhentikan usahanya. Kenapa hal itu bisa terjadi, karena dengan mendirikan sebuah  bisnis yang di dukung dengan pengurusan legalitas bisnisnya sudah pasti perusahaan anda secara otomatis di setujui, telah di akui, dan namanya akan tertera dalam dalam perusahaan yang ada di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Itulah secara garis besar keuntungan yang bisa di dapatkan oleh pemilik bisnis tersebut.

Karena biasanya untuk anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis dalam skala perusahaan perorangan. Format bisnis ini sekalipun memiliki kelebihan, tetapi jika kalian kurang paham ada juga beberapa kelemahannya. Setidaknya ada beberapa hal yang  menjadikan sebuah kelemahan dari format bisnis jenis perusahaan perorangan :

  1. Bisnis akan tidak mudah mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang cukup besar yang berasal dari perbankan. Karena biasanya perbankan akan membutuhkan  beberapa persyaratan bagi  debitur bisnis
  2. Hal yang sama juga terjadi dalam mengikuti tender yang biasanya di lakukan oleh BUMN, BUMD, Perusahaan besar. Karena persyaratan dokumen yang mesti di siapkan, maka biasanya  perusahaan perorangan tidak akan bisa ikut dalam tender seperti itu
  3. Yang penting mesti kalian ketahui adalah, jika  bisnis anda memiliki hutang maka pemilik perusahaan harus menanggung semua hutang yang terjadi
  4. Meskipun tidak bisa juga di jadikan acuan, tetapi biasanya untuk bisnis yang di kembangkan dalam format perusahaan perorangan maka jangka waktunya relatif singkat.  Namun hal itu bukan sebagai ukuran, karena ada juga perusahaan sejenis ini yang bisa bertahan cukup lama dan justru bisa menjadi besar dan berkembang.
  5. Memang bentuk  format ini hanya di pegang oleh satu  orang, sehingga terkadang peluang bisnis bisa saja lepas  hanya karena anda tidak kompeten dari bisnis yang di jalankan.
  6. Satu yang paling penting, biasanya untuk jenis perusahaan seperti ini maka hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan dokumentasi tidak tertata dengan  baik. 

Kondisi seperti inilah yang memang khusus untuk perusahaan yang formatnya adalah perusahaan perorangan harus bisa mencari mitra atau partner bisnis. Seperti misalnya perusahaan konsultan yang akan membackup segala hal urusan bisnis yang berhubungan dengan kelancaran bisnis anda seperti masalah pembukuan dan perpajakan, strategi marketing hingga masalah digital marketing.

Mungkin bagi kalian  yang masih menyepelekan masalah legalitas hukum untuk bisnis perlu membaca kasus berikut.  Ada sebuah resto yang produksinya di rumah dengan menjual frozen food yang di produksi secara rumahan. Karena kurangnya informasi, pebisnis yang bersangkutan anggap enteng masalah jual frozen food yang seharusnya harus ada ijin edar produk, PIRT hingga BPOM. Salahnya memang kesemua ijin tersebut  belum di urus oleh pebisnis karena merasa   ini hanya bisnis rumahan. Padahal ketentuan yang ada, bisnis yang bersifat frozen food  harus memenuhi persyaratan yang telah di tentukan oleh pemerintah. Alhasil karena kelalaiannya,  pebisnis yang bersangkutan terkena sangsi, mesti membayar denda Rp4 miliar. Atau yang bersangkutan mesti mempertanggungajawabkan di penjara.

Agar menghindari hal – hal yang tidak di inginkan seperti kasus di atas. Memang ada baiknya jika saat ini anda sedang menjalankan bisnis,  jangan melihat skal bisnisnya mau kecil, atau menengah.  Sekalipun produksi anda di rumah, ada baiknya masalah legalitas bisnis atau  berbadan hukum mesti anda penuhi dahulu. Karena jika tidak, keuntungan yang seharusnya bisa anda dapatkan akan hilang dan berubah menjadi denda yang cukup mahal. Tetapi anda tidak perlu kuatir, karena  bagi kalian para pengusaha muda atau generali millennial yang butuh dukungan dalam menjalankan bisnisnya FR Consultant Indonesia dapat menjadi mitra terbaik anda dalam menjalankan bisnis.

Tidak ada hal yang sulit selama kita ingin belajar dan berusaha, karena bisnis adalah usaha dan usaha mesti di jalankan secara  terus menerus dan kontinyu. Jika saat ini  anda sedang menjalankan bisnis agar keuntungannya terus berkembang tidak ada salahnya jika anda mencari mitra strategis yang bisa menjadi pendamping anda dalam mengurusi segala hal yang anda sendiri  tidak paham/ memiliki kemampuan untuk masalah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel