Optimalkan Potensi Bisnis Anda Dengan Menggunakan Perusahaan Perorangan

 Tidak ada halangan dalam memulai bisnis, di usia muda-pun kalian yang saat ini masuk dalam generasi millennial berhak memulai bisnis. Hanya memang satu hal yang mesti kalian pertimbangkan adalah, ada baiknya menggunakan perusahaan perorangan sebagai legalitas dari bisnis anda.

Bicara soal bisnis, memang ada baiknya kita mulai dari usia dini. Ibarat kata, usia millennial pun kita bisa menjalankan bisnis sesuai dengan passion dan tren yang saat itu sedang berjalan. Jangan malu untuk memulai, sekalipun bisnis yang kalian jalankan masih dalam taraf UMKM (  Usaha Mikro Kecil Menengah ).

Sekadar menjelaskan betapa keberadaan bisnis UMKM saat ini cukup menjadi sebuah potensi yang bisa di perhitungkan oleh pemerintah. Dari data yang kita bisa peroleh hingga Maret 2021, jumlah total pelaku bisnis UMKM sudah mencapai 64,2 juta.  Dari jumlah tersebut, kontribusi yang bisa di berikan untuk  negara dalam bentuk PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 61,07 persen atau sekitar Rp8.573,89 triliun.

Bukan  hanya kontribusi-nya  bagi PDB, bisnis UMKM pun turut membantu dalam mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Terbukti hingga tahun 2020 ada sekitar 119,6 juta atau sekitar 97% jumlah tenaga kerja Indonesia yang terserap dalam bisnis UMKM. Ini membuktikan, bahwa bisnis UMKM  bukan semata bisnis yang kecil dan menengah.  Tetapi UMKM adalah sebuah potensi bisnis yang terbuka lebar bagi kalian yang saat ini sedang berencana untuk mengembangkan bisnisnya.

perusahaan-perorangan
Financial forex business chart report

Namun bagi kalian para pebisnis UMKM atau generasi millennial yang saat ini sedang berencana untuk mengembangkan bisnisnya. Ada baiknya ketika kalian melihat besarnya potensi bisnis yang ada di sektor usaha UMKM, sejatinya ada dua hal yang mesti kalian lakukan agar bisnis yang  kalian jalankan bisa menjadi lebih besar ; (1) Cobalah sejak dini menentukan format bisnis seperti apa  yang akan anda jalannya. Karena minimal ada 3 format bisnis yang bisa kalian pilih yaitu Perusahaan Perorangan , Perseroan Komanditer ( CV) dan Perseroan Terbatas PT). (2) Jika kalian masih bingung bagaimana cara cerdas menjalankan bisnisnya, ada baiknya mencoba berkonsultasi dengan PT Fortuna Pratama Konsultan Indonesia.  Karena jika kalian salah dalam menentukan format bisnis, bukannya  untung yang akan kalian dapatkan tetapi kerugian yang kalian dapatkan.

Sekadar informasi, bagi kalian yang memang masih berusaha untuk memulai  bisnis atau menjalankan bisnis. Pemilihan format bisnis memang bisa jadi satu langkah awal kalian untuk menentukan strategi bisnis dalam meraih kesuksesan.  Seperti misalnya untuk kalian pebisnis muda atau kalangan pebisnis millennial, format usaha perorangan memang saat ini bisa jadi salah satu pilihan kalian dalam memulai sebuah bisnis.

Minimal ada 7 kelebihan atau keunggulan yang kalian dapatkan ketika pilihan format bisnisnya adalah usaha perorangan : (1) Usaha perorangan akan bisa dengan mudah kalian dapatkan ijinnya, hanya dengan membuat  permohonan bisnis yang ada di Pemerintah Daerah setempat. Sehingga anda akan lebih cepat mendapatkan  legalitas usahanya. (2) Usaha jenis perorangan, akan menguntungkan bagi kalian yang masih memulai usaha, atau masih relatif kecil kapasitas bisnisnya.  Sehingga memudahkan dalam pengaturan dan pengawasan usahanya . (3)   Yang pasti usaha perorangan tidak mesti membutuhkan akta  formal yang biasanya terdapat pada format bisnis seperti CV atau PT.  Tetapi memang untuk jenis bisnis tertentu masih ada keharusan untuk meminta ijin terlebih dahulu dari Pemerintah  Daerah setempat. (4) Karena sifatnya yang masih kecil, maka anda dapat leluasa dalam mengatur aktivitas bisnisnya dari mulai pengelolaan keuangan hingga sistem dan prosedur kerjanya. (5) Ada keuntungan yang bisa di peroleh dari  jenis usaha perorangan. Pemerintah pusat dan daerah tidak terlalu banyak membuat aturan atau ketentuan yang akan berdampak pada bisnis yang di jalankan dalam skala perorangan. (6)  Mengingat bentuknya bukan CV atau PT, maka dalam urusan perpajakan, anda tidak harus membayar pajak badan atau perusahaan. Tetapi menyangkut masalah pajak anda hanya di kenakan  pajak penghasilan  yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan. (7) Satu hal yang paling penting adalah bahwa semua keuntungan dari bisnis anda menjadi milik pribadi. Sehingga anda bisa gunakan untuk keperluan  apapun.

Melihat begitu menariknya konsep keuntungan atau kelebihan yang bisa kalian  dapatkan hanya dengan menjalankan bisnis skala perorangan. Bukan artinya kalian tidak ada masalah atau kendala.  Setiap bisnis memang memiliki kendala dan  hambatannya masing-masing.  Namun, tidak akan besar sebuah bisnis jika tidak ada halangan atau rintangan.

Begitupula bisnis yang mengusung konsep perorangan, kalian sudah pasti akan mengalami atau mendapatkan kendala dalam menjalankan bisnis. Dimana masalah  tersebut bisa saja dalam bentuk pengelolaan keuangan,  termasuk di dalamnya masalah perpajakan.  Atau bisa juga masalah yang berhubungan dengan pengaturan strategi marketing hingga tentunya bagaimana melihat potensi bisnis yang ada di depan.   Kesemua itu jelas menjadi salah satu pertimbangan bagi bisnis anda kenapa mesti berkolaborasi dengan perusahaan konsultan.

Karena yang namanya Perusahaan Perorangan, tentunya usaha ini memiliki karakteristik yang kita sebagai pemilik bisa memahaminya agar semuanya berjalan lancar. Dari  beberapa ciri atau karakter, kita bisa jelaskan konsepnya dalam beberapa hal seperti :

  1. Biasanya usaha perorangan   hanya di miliki oleh satu orang / perorangan
  2. Di kelola secara sederhana, karena tidak membutuhkan sistem dan prosedur kerja yang berbelit-belit
  3. Usaha perorangan tidak membutuhkan modal yang besar untuk awal pembukaan usahanya
  4. Besar kecilnya bisnis dan pengembangannya, semua tergantung bagaimana cara anda mengelolanya
  5. Terkait masalah  value produk yang di hasilkan, karena  formatnya masih skala perorangan maka nilainya juga masih terbatas dalam skala usaha kecil.

Semua informasi mengenai perusahaan perorangan telah kami jelaskan, tinggal kalian  sebagai pebisnis muda yang akan menentukan pilihan.  Ingat  bahwa bisnis bukan siapa yang lebih dulu memulai  yang akan  berhasil, tetapi bisnis akan berhasil jika kita berani memulainya.  Jadi  kenapa tidak anda lakukan sekarang, pada saat usia kalian masih muda sehingga pengembangan bisnis yang kalian jalankan akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel