Cara Bayar PPN Lewat Mandiri Online, Kamu Wajib Tahu Ini

 Cara bayar PPN lewat Mandiri online pastinya sangat cocok buat kamu yang ingin membayar pajak dengan praktis dan tanpa ribet. Tidak hanya itu saja, dengan pembayaran inilah, kamu tidak perlu buat datang ke kantor pajak setempat dan mengantre dalam waktu berjam-jam sehingga menganggu produktivitasmu tersebut.

16. Cara Bayar PPN Lewat Mandiri Online, Kamu Wajib Tahu Ini
men with finance report and money currency vector illustration

Membayar pajak PPN sendiri memang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara mulai dari melalui ATM masing-masing bank, melalui e-commerce hingga lewat m-banking. Nah, pembayaran via m-banking inilah semakin banyak dipilih karena dirasa memberikan keuntungan banyak bagi para wajib pajak.

Cara bayar PPN lewat mandiri online inipun sangat membantu kamu yang tidak punya waktu banyak untuk melakukan pembayaran secara offline karena harus bekerja. Untuk melakukannya sendiri sebenarnya tidaklah sulit dilakukan bahkan bagi kamu dimana baru pertama kali menggunakanya, pasti akan langsung paham.

Untuk melakukan pembayaran tersebut, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi mobile Mandiri Living dan pastikan juga telah melakukan registrasi m-banking ke bank Mandiri di masing-masing daerahmu tersebut.

Apa itu yang Dimaksud dengan PPN?

Sebelum kamu mengetahui bagaimanakah cara bayar PPN lewat Mandiri Online, maka wajib juga untuk memahami apa itu PPN terlebih dahulu? Pajak Pertambahan Nilai atau PPN ini adalah pemungutan pajak terhadap setiap transaksi, perdagangan jual beli produk ataupun jasa negeri kepada wajib pajak secara pribadi, pemerintah ataupun badan usaha.

Dalam Bahasa Inggris, istilah dari PPN inipun dikenal dengan sebutan Goods and service Tax dan mempunyai sifat tidak langsung serta non-kumulatif tersebut. Jadi dapat dibilang jika pajak tersebut tidak akan dibayar oleh pihak seller melainkan dari pihak konsumen.

Baca juga : Cara Bayar Pajak SPT Tahunan

Untuk tarif pembebanan pajak inipun naik menjadi 11% dan 12% dan kenaikan tersebut ternyata belaku di tahun ini. Upaya kenaikan tersebut juga sebagai bagian didalam revisi UU Perpajakan dimana telah tercantum didalam RUU HPP.

Lain halnya dengan rentang maksimal pemungutan pajak PPN sesuai dengan undang-undang PPN adalah 15%. Namun pemberlakuan inipun ternyata masih harus diatur terlebih dahulu didalam perundang-undangan tersebut.

Ada beberapa objek yang termasuk ke dalam PPn ini diantaranya adalah penyerahan BPKB atau JKP oleh perusahaan, Impor BKP, pemanfaatan JKP di daerah pabean, ekspor JKP dan BKP tidak berwujud sekaligus berwujud oleh pihak pengusaha kena pajak.

Hingga saat ini, cara bayar PPN lewat mandiri online semakin banyak digemari oleh masyarakat karena sejumlah keuntungan yang ditawarkan didalamnya. Jika kamu ingin melakukan pembayaran tersebut maka dapat mengikuti penjelasan berikutnya agar semakin taat sebagai wajib pajak.

Cara Bayar PPN Lewat Mandiri Online dengan Praktis

Pembayaran  PPn inipun memang wajib dilakukan oleh siapapun termasuk kamu yang melakukan transaksi. Saat ini, kamu diberikan kemudahan dalam melakukan proses bayar tersebut secara online sehingga jauh lebih praktis sekaligus tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Kendati demikian sebagian besar dari kamu pastinya masih bingung bagaimanakah cara bayar ppn lewat mandiri online bukan? jangan khawatir karena kami akan memberikan ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pastikan Telah Mengunduh Aplikasi Livin

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah telah mengunduh aplikasi Livin dari Mandiri Online tersebut. Aplikasi ini adalah nama m-banking dari bank Mandiri dengan berbagai macam layanan dan fasilitas lengkap didalamnya. Untuk mengunduhnya, kamu dapat segera mencarinya di halaman Playstore ataupun AppStore.

Sudah Melakukan Registrasi M-banking di Bank Mandiri

Cara bayar ppn lewat Mandiri online memang dapat dilakukan dengan mudah tetapi jika kamu belum melakukan registrasi m-banking di bank Mandiri dijamin tidak akan pernah dapat melakukannya.

Itulah mengapa kami sarankan agar mendaftar m-banking terlebih dahulu dengan mengunjungi unit bank Mandiri terdekat. Sampaikan kepada bagian customer service apabila akan melakukan pendaftaran dan pihak mereka akan membantu prosesnya hingga selesai.

Masuk Kedalam Akun Mandiri Livin

Sudah berhasil mendaftarkan mbanking? Berikutnya kamu dapat masuk ke dalam akun dengan menggunakan password dan username yang telah dibuat di bank tadi. Biasanya pihak bank akan mempersilahkanmu buat mengganti username dan password terlebih dahulu.

Pilih Menu Bayar

Selanjutnya, cara bayar PPN lewat Mandiri Online adalah dengan memilih menu bayar. Nah, menu inipun dapat ditemukan di halaman utama ketika kamu sudah masuk ke Mandiri Livin. Terdapat beberapa pilihan tagihan yang tersedia didalamnya, kamu tinggal memilih PPH/PPN saja.

Masukkan NPWP dan Jenis Pajak

Berikutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor NPWP di halaman utama dari kode billing dan lakukan konfirmasi mengenai nama pembayaran. Silahkan untuk pilih jenis pajak yang akan dibayarkan tersebut. Jangan lupa masukkan masa pajak sekaligus jumlah yang akan dibayarkan.

Buat Kode Billing Pajak Jika Semua Data Sudah Penuh

Masih ad acara bayar lewat mandiri online yang harus kamu pahami jika baru pertama kali menggunakannya. Jika cara-cara diatas sudah kamu lakukan dengan baik, maka setelah memasukkan masa pajak sekaligus nominal, klik buat kode billing pajak.

Nantinya kamu bakal memperoleh kode billing pajak yang dapat dibayarkan nanti dan gunakan kode tersebut. Kemudian kamu dapat memasukkan MPIN buat menyelesaikan transaksi. Jika transaksi sudah berhasil, maka  akan memperoleh informasi.

Seperti sudah diketahui, Mandiri memang menjadi salah satu bank dimana menawarkan banyak fasilitas dan layanan lengkap bagi para penggunanya. Salah satunya adalah untuk melakukan pembayaran berbagai macam jenis pajak.

Jika kamu ingin taat melakukan pembayaran sebagai wajib pajak, maka segera lakukan pembayaran secara online. Dengan cara bayar PPN lewat Mandiri online inilah, kamu memperoleh banyak keuntungan didalamnya.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel