Cara Lapor SPT Pajak Tahunan di Tahun 2022 Via Online Panduan E-Filing

 Membayar SPT tahunan merupakan sebuah kewajiban seluruh warga negara yang telah memenuhi syarat. Bayaran tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan pembangunan negara.

Dengan begitu maka pembangunan akan bisa terlaksana dengan baik. Seperti pembangunan jalan dan berbagai kebutuhan lain yang bersifat umum.

SPT-Tahunan
27. Cara Lapor SPT Pajak Tahunan 2021 Via Online Panduan E-Filing

Memiliki penghasilan lebih dari 60juta tiap tahunnya, memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran pajak. Jangan beralasan tidak tahu karena saat ini sudah terdapat pembayaran via online.

Dalam upaya membayar kini kamu hanya perlu mengunjungi situs resminya. Kemudian sebelum melakukan pembayaran SPT tahunan, sebaiknya kamu telah menyiapkan berbagai berkas pendukung. Seperti berbagai bukti potong yang diperoleh dari tempat bekerja.

Apabila seluruh berkas berkaitan dengan pembayaran telah dipersiapkan. Kemudian bisa membayar dengan 2 opsi, yakni datang langsung ke kantor atau secara online.

Tutorial dan Cara Lapor SPT Tahunan di Tahun 2022 Via E-Filing

Apabila memilih membayar dengan mendatangi kantor secara langsung, jika tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Kamu bisa bertanya pada petugas yang ada di sana.

Nanti akan diberi arahan mengenai langkah yang perlu dilakukan. Jangan malu bertanya terlebih baru pertama kali membayar kewajiban sebagai warga negara.

Akan tetapi, jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup panjang. Tidak perlu khawatir, perkembangan zaman menjadikan banyak kemudahan, begitu hal nya dengan membayar pajak.

Dengan pembayaran yang dilakukan secara online ini, tidak perlu menghabiskan waktu untuk antri dikantor pajak. Terlebih pandemi covid-19 belum usai, melakukan pembayaran secara online sangat direkomendasikan.

Seperti penjelasan sebelumnya, bayar SPT tahunan bisa dilakukan secara online. Bingung mengenai langkahnya? Simak uraian berikut ini.

  • Membuka Laman Resmi Pajak

Langkah pertama untuk membayar SPT tahunan yakni dengan membuka laman resminya, setelah laman terbuka langsung klik login dibagian kanan atas. Pada laman login, isi dengan NPWP dan juga password yang telah dibuat saat pendaftaran. Isi kode keamanan kemudian klik login tunggu beberapa saat.

Jika laman pajak telah terbuka, langkah berikutnya pilih dashboard pajak. Kemudian klik lapor, setelah muncul laman berikutnya klik icon e-Filling.

  • Mengisi Seluruh Pertanyaan

Langkah berikutnya yakni dengan mengklik tombol buat SPT tahunan. Pada proses ini, nantinya akan muncul berbagai pertanyaan yang perlu dijawab. Setiap isian harus diperhatikan secara teliti dan mendalam agar tidak ada kesalahan.

Setelah mengisi seluruh bagian sesuai dengan yang diminta, kemudian pada bagian akhir akan ada pertanyaan terakhir. Bagi kamu yang belum pernah melakukan ini, pilihlah formulir 1770 S, pilih dengan bentuk formulir.

Jika sampai sini, apabila kamu baru pertama kali membayar SPT tahunan dan takut melakukan kesalahan dalam pengisian. Maka pilih jawaban yang ada tulisan “dengan panduan.”

  • Mengisi SPT 1770 S

Jika telah menekan tombol SPT 1770 S dengan formulir, berikutnya mengisi seluruh formulir tersebut. Di dalamnya berisi tentang tahun pajak, status SPT, dan lain sebagainya.

Apabila semuanya telah terisi, klik langkah selanjutnya. Pada tahap ini sistem akan memberi tahu apabila ada pembayaran lain dilakukan oleh pihak ketiga, misalnya dari perusahaan.

Jika ditemukan data tersebut, kamu bisa membaca terlebih dahulu. Jika semua data dipastikan benar, baru mengklik “Ya”. Akan tetapi jika kamu ingin bukti potong karyawan yang diterima dari perusahaaan, maka kamu bisa memilih “Tidak” dan mengisi bagian A yakni lampiran pengisian final.

  • Mengisi Seluruh Bagian

Apabila ditemukan ada bukti potong yang belum dimasukkan, maka bisa dilakukan pengisian tambahan dengan mengklik tombol “Tambah” dan lakukan pengisian kembali.

Setelah bagian A sudah terisi semuanya, kemudian isi bagian B. Pada bagian ini, kamu diminta untuk mengisi data dari harta yang dimiliki. Untuk mengisinya bisa menggunakan harta dari tahun lalu atau bisa juga melakukan pembaharuan.

Baca juga : SPT Tahunan Pribadi, Wujud Kepedulian Kita sebagai Warga taat Pajak

Bagian C yakni berisikan tentang hutang. Pada tahap ini bisa diisi apabila memiliki hutang pada satu tahun terakhir. Kamu juga bisa menambah hutang baru dengan mudah, yakni cukup klik “tambah”.

Bagian D berupa data keluarga besar. Isilah data ini sesuai dengan apa adanya, melakukan pemalsuan dalam bentuk apapun akan dikenai sanksi berat.

Apabila tahapan demi tahapan telah terlewati dan dipastikan tidak ada kesalahan didalamnya, langkah untuk membayar SPT tahunan berikutnya adalah mengisi kode konfirmasi. Dalam hal ini dapat diperoleh berdasarkan email mapun nomor telepon.

Pada tahap ini, kamu perlu menunggu ada email/sms masuk. Jika kode sudah didapatkan, langkah berikutnya yakni dengan memasukkan kode tersebut pada kolom SPT.

  • Mengirim SPT

Jika seluruh tahapan selesai klik “Kirim SPT”. Untuk memastikan apakah benar SPT telah dikirim, bisa dilakukan pengecekan melalui email. Dari email tersebut kamu bisa melihat bukti penerimaan elektronik atau disingkat menjadi BPE SPT dari pajak online atau biasa dikenal sebagai e-filling 1770 S.

Dengan melakukan semua tahapan tadi, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu antri dikantor pajak. Meskipun tidak ada salahnya melakukan pembayaran secara langsung.

Cara apapun tetap bisa diambil sebagai pilihan untuk melakukan pembayaran SPT tahunan. Namun jika membayar melalui e-filling maka akan lebih mudah.

Bagaimana tidak, pembayaran melalui e-filling memungkinkan para wajib pajak tidak keluar rumah, karena cukup dengan melakukan pengisian dari gadget saja sudah cukup.

Terlebih saat ini peningkatan kasus makin hari makin tinggi. Menjaga diri dan keluarga merupakan prioritas utama. Salah satu cara menjauhi kerumuman yakni dengan membayar secara online saja.

Asal ada koneksi internet, pembayaran bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Tunggu apalagi, bayar SPT tahunan sekarang juga dan jadilah warga negara taat pajak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel