Memiliki Badan Usaha, Upaya Mengoptimalkan Potensi Bisnis Usaha Anda

 Bisnis itu identik dengan sebuah usaha  yang mendatangkan keuntungan. Dimana keuntungan itu memang bisa di dapatkan dari berbagai sumber salah satunya melalui pendirian badan usaha. Kenapa, karena dengan adanya bentuk perusahaan  maka optimalisasi keuntungan bisa di target

Bagi kalian yang saat  ini masih menjadi karyawan mungkin ada keinginan suatu hari akan memiliki usaha sendiri.  Diawal usaha memang kita  tidak perlu memaksakan diri untuk  bisa memiliki perusahaan secara langsung. Persipan usaha yang benar adalah di lakukan, sehingga jika memang anda sebagai calon pengusaha sudah siap maka ada baiknya segera membangun perusahaan atau badan usaha tersebut.

Memiliki Badan Usaha, Upaya Mengoptimalkan Potensi Bisnis Usaha Anda
Aerial view of a business team

Memang untuk membangun perusahaan tidak secara mudah kita akan bisa lakukan. Tetapi juga bukan susah sekali. Karena yang namanya badan usaha itu  tidak harus yang berbentuk PT ( Perseroan Terbatas). Tetapi bentuk lain pun bisa di lakukan seperti CV atau bentuk lainnya.   Selama sifatnya adalah badan usaha sudah pasti salah satu tujuannya adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Keuntungan Memiliki Badan Usaha  Untuk  Bisnis yang Kita Jalankan.

Terkait beberapa keuntungan yang akan bisa kita dapatkan dengan bisnis kita berbentuk badan usaha dibandingkan dengan masih tanpa badan usaha. Kita bisa jelaskan dalam beberapa hal seperti misalnya :

  1. Menjadi badan usaha, secara otomatis kita akan bekerja lebih optimal, karena kita punya visi dan misi sekaligus  target yang mesti di capai.
  2. Menjadi badan usaha, maka kita akan lebih fokus dalam menjalankan bisnis, karena kita tahu kalau kita tidak fokus maka usaha atau bisnis yang kita jalankan akan rugi dan akhirnya tutup. Itu akan mengakibatkan kita mengalami kerugian.
  3. Menjadi badan usaha, artinya kita akan bisa lebih bebas untuk mengeksplore usaha kita. Caranya bisa bermacam-macam seperti melakukan kolaborasi bisnis dengan perusahaan lain misalnya.
  4. Menjadi badan usaha, artinya dengan komitmen yang mesti kita jaga, maka kita akan bekerja berdasarkan skala prioritas. Sehingga kita tidak akan main-main dengan yang namanya MOU atau kerjasama dengan pihak manapun. Karena prinsip kerja kita adalah membuat semuanya bahagia . Tidak saja klien dan mitra bisnis bahagia tetapi karyawan dan pemilik bisnis ( pemegang saham ) harus bahagia juga.
  5. Menjadi badan usaha, akan menjadikan diri kita lebih keras dalam berusaha, karena kita ingin bisnis kita berkembang lebih besar dari apa yang ada saat ini. Dengan kita memiliki pemikiran seperti itu maka kita akan selalu bekerja dengan target.

Itulah beberapa keuntungan yang akan  bisa kita dapatkan dengan kita mengembangkan bisnis kita dengan membuat atau mendirikan badan usaha. Sehingga Pendirian Badan Usaha itu sebagai trigger untuk kita bisa mengoptimalkan semua potensi yang ada pada diri dan perusahaan kita. Karena optimalisasi bisnis itu memang harus di jalankan secara kontinyu dan serius.

Konsekuensi Dengan Pendirian Badan Usaha terhadap Kinerja Perusahaan

Disamping adanya keuntungan dan kelebihan secara komersial, maka kita juga harus tetap memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan konsekuensi atau komitmen dengan bisnis yang kita jalankan. Karena hanya dengan kondisi seperti itulah, kita bisa berfikir fair dengan kondisi yang ada.  Setidaknya dengan kita juga berfikir soal konsekuensi berbisnis itu artinya anda juga sudah harus siap dengan kondisi terburuk yang mungkin bisa anda alami pada saat menjalankan bisnis.

Ada beberapa kondisi dan konsekuensi yang mungkin bisa anda rasakan ketika anda menjalankan sebuah bisnis. Bisa menjadi positif tetapi bisa juga menjadi negatif tergantung dari cara pandang kita melihat kondisi tersebut :

  1. Dengan kita memiliki badan usaha, maka yang terjadi dalam kaitan SPT Tahunan, maka anda akan melakukan pelaporan dari penghasilan perusahaan anda. Jika sebelumnya anda sebagai WP Perorangan kini menjadi WP Badan.
  2. Dengan kita memiliki badan usaha, maka anda tidak hanya berfikir untuk diri anda tetapi sudah harus berfikir untuk orang lain. Siapapun dia yang ada dalam lingkup bisnis anda mesti menjadi perhatian anda. Karena mereka ada karena menjadi supporting bagi bisnis anda. Karena itulah perhatian anda mesti di bagi untuk beberapa hal yang kesemuanya berpulang pada kesuksesan bisnis anda.
  3. Dengan kita memiliki badan usaha, ingat jika perusahaan kita rugi kita harus siap menanggung kerugian tersebut.  Kesemua itu kembali pada bentuk badan usahanya.  Jika bentuknya berupa CV maka harta pribadi anda bisa juga menjadi jaminan dari kerugian perusahaan yang anda kelola.
  4. Dengan kita memiliki badan usaha, anda tidak lagi bisa santai karena anda adalah salah satu lokomotif bisnis tersebut. Jika anda lemah maka akan lemah pula semua komponen yang ada dalam lingkup bisnis anda. Sehingga apapun kondisi anda, seharusnya anda harus tetap semangat dalam menjalankan bisnis tersebut.

Dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas, mungkin jika saat ini anda masih bingung.  Cobalah untuk berdiskusi dengan FR Consultant Indonesia.  Karena fokus bisnis dari perusahaan tersebut salah satunya membantu pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya di awal mereka berbisnis.  Dengan begitu anda akan lebih siap dalam menghadapi semua hal yang berkaitan dengan perencanan dan pengembangan bisnis anda.

Ingatlah satu hal, bahwa apapun kondisi yang anda pilih semuanya sudah pasti memiliki konsekuensi. Dimana konsekuensi itu akan besar dan kecil semua berpulang pada diri anda dan bagaimana anda menyikapi kondisi tersebut. Cara terbaik  yang mesti anda lakukan jika memang anda ingin melakukan Pendirian Badan Usaha, adalah selalu berusaha berfikir fokus dan komit dengan apa yang menjadi target bisnis anda.  Karena semua hal itu sudah pasti ada untung ruginya. Dari pada anda pusing berfikir untung dan rugi, maka ada baiknya anda mencoba untuk menjalankan bisnis tersebut, karena dengan begitu anda akan tahu dimana keunggulan dari bisnis anda. Dan sudah pasti setiap masalah pasti ada solusinya dan solusi terbaik dari sebuah bisnis adalah mencoba untuk menjalankannya segera.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel