Mengenal Definisi Apa itu CFO dan Perannya dalam Bisnis

 Apa itu CFO atau Chief Financial Officer adalah salah satu pemimpin yang keberadaannya berpengaruh besar terhadap kesuksesan perusahaan. Jabatan tersebut memang tidak begitu populer karena sistem kerjanya di balik meja.

Berbeda dengan CEO yang merupakan wajah perusahaan sehingga populer di mata publik. Namun, kamu yang telah bekerja lama terutama di perusahaan besar pasti tidak asing dengan jabatan itu. 

Apa itu CFO

Dari aspek tugas dan tanggung jawab lebih berfokus pada keuangan dan pertumbuhan perusahaan. Tugas tersebut juga mencakup perencanaan, analisis hingga pemantauan terhadap pengeluaran serta pendapatan.

Kamu berwenang melacak dan mengelola aset likuid, investasi dan kondisi keseluruhan keuangan. Oleh karena itu, posisi ini hanya diduduki oleh orang yang sudah berpengalaman dan ahli dalam mengurus keuangan.

Mengenal Pengertian Apa itu CFO

CFO yaitu pimpinan perusahaan yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan. Selain itu, bertugas menyusun perencanaan keuangan, melacak arus kas sekaligus menganalisis kelemahan serta kelebihan perusahaan.

Berdasarkan analisis kekuatan finansial, maka kamu dapat merumuskan kebijakan untuk perkembangan di masa mendatang. Pada ruang lingkup lebih kecil, fungsinya hampir sama dengan bendahara dalam sebuah organisasi.

Jabatan tersebut berbeda dengan CEO (Chief Executive Officer). Dari segi tanggung jawab, lingkup kerja CEO lebih luas. Apa itu CFO hanya berkaitan dengan pengelolaan keuangan sehingga harus dilaporkan kepada CEO.

Sedangkan, CEO bertanggung jawab mengatur sistem manajemen sekaligus finansial perusahaan. Keduanya memang sama-sama menjadi pimpinan struktural, namun terdapat perbedaan yang sangat signifikan terkait tugasnya.

Apabila bisnis bergerak di bidang keuangan maka menjabat sebagai pimpinan paling tinggi. Namun, jabatan kamu akan berbeda untuk jenis industri lainnya, yaitu hanya berada pada peringkat kedua di struktur kepemimpinan.

Tugas lain apa itu CFO memberikan pengarahan terkait sasaran, tujuan dan anggaran keuangan. Kamu juga akan mengawasi terkait aktivitas manajemen kas, investasi dana, mengelola resiko dan menangani akuisisi serta merger.

Beberapa orang yang memegang posisi tersebut juga harus mengelola investasi dan menduduki kursi dewan direksi. Oleh karena itu, dalam mengambil sebuah keputusan harus dipertimbangkan dengan matang karena berpengaruh terhadap departemen lain.

Biasanya untuk meningkatkan profitabilitas akan bekerja sama dengan seorang manajer proyek. Selain itu, terlibat langsung dalam berbagai proyek keuangan sehingga dapat meningkatkan modal, lalu memberikan dukungan kepada tim pemasaran.

Intip 4 Tugas dari CFO

CFO yaitu seorang pimpinan struktural yang memiliki tanggung jawab terhadap keuangan di sebuah perusahaan. Berikut ini akan dijabarkan mengenai tugas dan perannya secara detail.

Sebagai Katalisator

Dalam hal ini perannya yaitu mengelola keuangan sehingga pengeluaran menjadi lebih efisien, sedangkan hasilnya maksimal. Selain itu, memastikan sumber daya yang dimiliki berkualitas guna mendukung operasional perusahaan.

Tanggung jawab lainnya yaitu menjalin hubungan baik dengan rekan bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan. Bahkan, kamu juga dituntut untuk mempunyai kemampuan diplomatik.

Sebagai Administrator

Apa itu CFO dalam sebuah bisnis harus bisa menjadi administrator, yaitu mengetahui, menjaga dan mencatat semua aset. Artinya adalah memastikan bahwa aset dari perusahaan memiliki dampak positif terhadap perkembangan.

Kamu harus mampu membuat keputusan yang tepat apabila ada aset yang tidak memberikan keuntungan. Selain itu, berkewajiban melaporkan keuangan kepada CEO termasuk struktur modal, cara mengelola pengeluaran maupun pendapatan 

Baca juga : Jadikan Admin Keuangan Fungsi Kontrol awal bagi Perusahaan

Pemberi Strategi

Apa itu CFO dan tugas berikutnya adalah memberikan masukan dan saran terkait strategi bisnis. Dengan demikian, harus mampu menganalisa secara tajam strategi apa saja yang akan memberi keuntungan.

Selain itu, mampu memprediksi keberhasilan strategi ekonomi yang diterapkan pada sebuah proyek. Orang yang menjabat di posisi ini wajib memahami dunia bisnis dan mempunyai track record baik ketika mengelola perusahaan.

Sebagai Operator

Apa itu CFO selanjutnya adalah sebagai operator yang melaksanakan berbagai tugas operasional. Contohnya seperti mengurus perpajakan, mencatat keuangan dan forecasting.

Adapun kegiatan sehari-harinya yaitu bertanggung jawab terhadap akuntansi, keuangan, fungsi kontrol internal dan perbendaharaan. Selain itu, melakukan manajemen resiko untuk menjaga semua aset.

Kualifikasi untuk Menjadi Seorang CFO

Di dunia bisnis, jika menginginkan jabatan ini maka harus bisa multifungsi dan mempunyai keterampilan dalam manajemen keuangan. Biasanya syarat minimalnya adalah memiliki gelar master di bidang administrasi bisnis atau MBA.

Bagi kamu yang merupakan lulusan master akuntansi atau keuangan berkesempatan merasakan posisi tersebut. Begitu juga dengan seorang akuntan publik maupun manajemen bersertifikat.

Apa itu CFO biasanya harus memiliki pengalaman di keuangan atau akuntansi minimal 10 tahun. 5 tahun di antaranya menjabat pada manajerial. Pemahaman prinsip akuntansi pajak serta GAAP juga harus kuat.

Hal lain yang harus dikuasai adalah keterampilan analitis dan komunikasi. Skill komunikasi yang baik sangat diperlukan terutama saat menyampaikan kondisi keuangan beserta tujuan strategis kepada semua pemegang jabatan penting.

Misalnya anggota dewan, CEO dan C-Suite. Apa itu CFO harus mempunyai visi misi sesuai tren dan kondisi pasar saat ini. Hal ini penting terutama ketika akan mengimplementasikan sebuah rencana bisnis.

Kamu wajib memiliki pemahaman terkait bisnis yang dijalankan dan mampu berkolaborasi dengan semua departemen di organisasi tempat bekerja. Oleh karena itu, dibutuhkan juga skill kepemimpinan yang kuat.

Di sisi lain, harus berani untuk mengambil resiko yang mungkin terjadi dan mencoba hal baru agar bisnis menjadi semakin berkembang. Dengan demikian, posisi keuangan perusahaan akan terus mengalami peningkatan.

Tugas dan tanggung jawab dari CFO sangat besar di perusahaan, terutama dalam hal keuangan. Oleh karena itu, penting bagi kamu mengetahui apa itu CFO beserta perannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel