Strategi Jitu Menggunakan Digital Marketing untuk Pemasaran di Media Sosial

 Dalam era teknologi atau biasa di sebut Era Digital 4.0, memang kondisinya adalah semua hal mesti bisa di lakukan dengan menggunakan teknologi. Salah satunya adalah ketika kita mempromosikan sebuah produk, mesti bisa menggunakan strategi digital marketing dalam promosi di media sosial.

pemasaran-di-sosial-media-adalah-strategi-yang-jitu
Social Media Communication Networking Online Concept

Ada perubahan penggunaan media sosial dalam era teknologi saat ini.  Memang saat ini telah terjadi pergeseran penggunaan media sosial dari yang bersifat family menjadi penggunaan yang sifatnya komersial.  Kenyataannya adalah bahwa  saat  ini kondisinya berbeda, dimana media sosial tidak saja sekadar di pakai untuk bersosialisasi semata. Tetapi media sosial bisa di optimalkan  untuk mempermudah jualannya perusahaan.

Pasti ada plus minus dengan menggunakan media sosial untuk sebuah perusahaan  melakukan branding dan mempromosikan produk yang sedang anda pasarkan.  Jika kondisinya  tepat maka promosi yang anda lakukan di media sosial sungguh tepat. Tetapi akan terjadi sebaliknya, jika media sosial yang anda akan gunakan untuk promosi  tersebut bukan media sosial profesional. Maka yang terjadi promosi di media sosial  hanya sekadar untuk share data dan  informasi produk semata. Tetapi akan beda jika kondisinya kita bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai salah satu media promosi terbaik untuk produk kita.

Beragam Jenis Media Sosial dan Karakrernya Masing- Masing

Saat  ini kita banyak mengenal media sosial, kesemuanya pasti memiliki karakter masing-masing. Nah jika kita ingin menggunakan media sosial maka ada baiknya anda pahami dahulu karakter dari media massa yang anda kenal tersebut.

Media sosial Facebook

Kita tahu seperti apa karakter dari facebook, biasanya orang menggunakan FB beragam ada yang menggunakan profil asli atau ada  juga yang palsu. Yang pasti karakter dari FB  jelas  orang menggunakan FB hanya untuk sekadar refresing.

Media sosial Instagam

Media sosial  yang satu ini lebih sekadar untuk media eksplorasi diri dengan tayangan photo dan video. Sehingga jika kita menggunakan materi tersebut, maka kita harus bisa menyesuaikan konsep materinya yang bersifat sederhana bukan untuk menggurui .

Media sosial  Youtube

Untuk media yang satu ini memang semuanya berhubungan dengan video. Sehingga perlu di siasati jenis dan model video apa yang pasti untuk mempromosikan produk yang sedang anda pasarkan agar tepat sasaran.

Media sosial LInkedin

Ini satu hal yang mungkin agak beda, karena media sosial satu ini banyak di pakai oleh para profesional. Sehingga  jika kita  promosi menggunakan media sosial Linkedin  sdh pasti haru pintar-pintar bermain di isi kontensnya.

Cara Mudah Memasarkan Produk dengan Menggunakan Media Sosial sebagai  Tools-nya

Media sosial memang menjadi salah satu tools efektif  untuk memasarkan sebuah produk . Bukan karena media sosial saat ini menjadi salah satu media yang memiliki banyak fungsi bagi personality dan komersial. Tetapi lebih dari itu adalah media sosial memiliki kecenderungan akan lebih mudah mendapatkan respon dari konsumen jika memang materi yang di sampaikan cukup menarik dengan menggunakan  metode digital marketing.

Kita bisa melihat dan mempraktekkan cara mudah memasarkan produk menggunakan media sosial yaitu ada 9 step atau 9 langkah yang mesti anda  pahami sebelum akhirnya memutuskan media sosial untuk anda promosi dan jualan produk :

Membangun sebuah kredibilitas

Cara pertama untuk promosi di media sosial adalah membangun sebuah kredibilitas dari produk yang sedang di pasarkan oleh pengembang/perusahaan.  Sehingga step awal ini harus benar secara konsep. Karena ketika di awal saja kita sudah tidak fokus dengan produk yang akan di pasarkan, maka kredibilitas  yang coba kita bangun menjadi rusak dan jika itu terjadi maka akan merugikan perusahaan.

Menarik base pelanggan

Cara kedua yang bisa kita lakukan adalah mencoba menarik kembali dari  base pelanggan atau customer yang menurut kita loyal. Caranya bisa bermacam-masam. Seperti misalnya  memberikan discount khusus kepada pelanggan lama, konsep  dengan materi seperti ini bagus kita promote di media sosial agar kita bisa tahu reaksi dari calon konsumen.

Mengoptimalkan media sosial

Cara selanjutnya ketiga adalah mencoba dengan mengoptimalkan media sosial yang kita jalankan dengan melakukan aktivitas seperti membangun relasi dalam bentuk group komunitas misalnya.  Dengan cara membangun relasi tersebut kita akan bisa mengoptimalkan dari calon pelanggan yang akan kita prospek.

Membangun dan membagikan konten

Hal selanjutanya yang bisa di jalankan adalah dengan membangun atau membagikan konten atau materi promo yang menarik.  Ingat konten dibuat  bukan harus bernuansa jualan. Ada kalanya media promosi melalui media sosial bisa menggunakan produk yang sedang menjadi tren di media sosial tersebut.

Gunakan media promosi

Cobalah anda menggunakan sebuah metode promosi dengan memakai konten yang valuable. Artinya materi yang akan kita  pakai memiliki kualitas penilaiannya sendiri. Sehingga kita akan mudah menentukan materi mana dengan nilai valuasi yang sesuai dengan nilai materinya masing-masing.

Jangan lupakan gambar dan video

Menggunakan materi yang berupa gambar atau video dengan resolusi yang baik akan bisa mendapatkan respon yang baik dari konsumen.  Tetapi beda jika materi yang kita gunakan tidak menggunakan media yang baik dan tentu saja menarik perhatian orang yang melihat media tersebut.

Gunakan crowdsource

Cara lain  yang bisa anda gunakan adalah menggunakan crowdsource, konsep ini biasa juga di gunakan untuk memilih materi yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kita. Sehingga dengan kondisi seperti  itu kita akan tahu bahwa materi kita sudah terjamin baik. ‘

Cobalah Seorang Digital Marketing

Yang terakhir yang bisa kita lakukan untuk promo menggunakan media sosial dalam tugas kita sebagai seorang digital marketing adalah coba untuk ikut serta dalam sebuah komunitas atau kelompok yang ada pada media sosial tersebut. Sehingga kita bisa  gunakan media tersebut untuk memperbanyak promosi produk kita.

Semua hal telah kami jelaskan untuk anda, tetapi pasti ada hal hal yang belum anda pahami secara detail. Jika kondisi seperti itu anda alami, maka salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah coba berdiskusi dengan perusahaan seperti FR Consultant  Indonesia. Karena dengan fokus bisnisnya mereka pasti tahu cara terbaik dalam menjalankan program promosi dengan digital marketing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel