Anda Ingin Mahir sebagai CopyWriter dan Digital Marketing?

 Mahir sebagai copywriter dan Digital marketing memang saat ini menjadi salah satu profesi yang bisa di lakukan oleh siapapun.  Karena pada dasarnya profesi ini bisa di pelajari, sehingga ketika anda ingin menekuninya bisa dilakukan dengan 2 cara.

Sebuah profesi memang sebaiknya di jalankan oleh kita yang memang memiliki minat dan bakat di bidang tersebut. Karena profesi itu bukan saja kita menjalankan sebuah pekerjaan, tetapi ketika kita juga menyukai pekerjaan tersebut maka pekerjaan yang akan kita jalankan bukan semata menjadi beban tetapi justru bisa menjadi cara kita untuk bisa mengeksplore kemampuan diri kita.

mahir-sebagai-copywriter
Portrait of a pensive young girl making notes while sitting with books isolated over yellow background

Karena setiap pekerjaan  itu pada dasarnya memang mengandung 2 hal yang mesti kita jalankan sesuai situasi dan kondisinya. Pertama bahwa pekerjaan itu adalah sebuah tugas dan tanggungjawab yang mesti kita selesaikan sesuai dengan jadual waktu yang telah di tetapkan.  Kedua pekerjaan itu semestinya memiliki konsekuensinya sendiri sendiri. Ketika kita sudah memasuki pekerjaan tersebut maka sudah barang tentu konsekuensi yang ada di dalam pekerjaan tersebut harus kita ikuti juga dengan baik.

Nah jika anda saat ini ingin menekuni bidang pekerjaan yang berhubungan dengan profesi copywriting dan digital marketing. Maka anda bisa memilih dua cara terbaik dalam menekuni bidang pekerjaan tersebut agar anda bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan anda dalam bidang pekerjaan tersebut :

Anda bisa memilih menekuni profesi Copywriting dan Digital Marketing melalui pendidikan formal.

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika anda ingin menekuni bidang tersebut adalah dengan masuk dan mengikuti pendidikan formal sesuai dengan bidang profesi yang  ingin anda tekuni.  Kenapa pendidikan formal, karena biasanya pendidikan formal itu akan memberikan kita banyak teori yang akan berguna untuk kita bisa mendapatkan materi  yang berhubungan dengan kedua profesi tersebut.  Sehingga secara teoritis anda akan tahu bagaimana cara mendapatkan pekerjaan tersebut, karena anda sudah tahu ilmunya dalam bentuk teori. Tinggal setelah teori anda dapatkan, cobalah untuk mengaktualisasikan ilmu anda dengan cara yang sesuai dengan minat dan bakat anda masing-masing.

Anda bisa memilih menekuni profesi Copywriting dan Digital Marketing melalui job atau pekerjaan langsung.

Ini yang mungkin jarang di lihat oleh sebagian orang, bahwa sebenarnya bekerja adalah juga proses untuk menuntut ilmu. Kenapa, karena dalam bekerja selain kita mesti tahu teorinya juga kita harus tahu praktiknya, sehingga dalam bekerja sebenarnya ada proses belajar yang sedang kita  jalankan secara langsung. Itulah kenapa, bagi mereka yang sudah tahu kondisi seperti ini mereka akan terus mencoba mendapatkan pekerjaan dimana dalam bekerja tersebut dirinya akan bisa terus menambah ilmu sesuai dengan bidang pekerjaan yang di tugaskan kepada dirinya.

Kedua cara tersebut,  bebas anda pilih sesuai dengan minat dan bakat diri anda dalam hal pekerjaan yang berhubungan dengan bidang copywriting dan Digital Marketing.  Sehingga diri anda akan  tahu cara mana yang paling efektif dalam memperdalam ilmu dan pengetahuan yang berhubungan dengan kedua profesi tersebut.

Baca juga : Keunggulan Digital Marketing untuk Usaha Masa Kini

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan dalam Bidang Profesi CopyWriting

Jika anda saat ini sedang mencari satu profesi dari bidang Digital Marketing, maka anda bisa memilih salah satu dari 10 jenis profesi yang anda ingin tekuni. Tetapi sebaiknya profesi yang anda pilih itu disesuaikan dengan minat dan bakat yang sesuai dengan diri anda. Sehingga ketika anda sudah memasuki profesi tersebut akan semakin mudah bagi anda untuk mengembangkan bidang  tersebut.   Inilah ke-10 jenis profesi digital marketing yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi dan bakat anda yang ingin anda kembangkan.

  1. Content Strategist/ Social Media strategist
  2. Social Media Spesialist
  3. Copywritter, jadilah mahir sebagai copywriter
  4. Content Writter
  5. SEO/SEM  Spesialist
  6. Desain Grafis
  7. Desain Web/Mobile development
  8. UI/UX Designer
  9. PPC Spesialist
  10. CRM Staff

Sementara terkait untuk profesi copywriting, ada trick atau cara yang bisa anda lakukan untuk terus mengasah kemampuan diri anda dalam bidang copywriting.  Minimal ada 6 langkah yang bisa anda lakukan ketika anda ingin memperdalam profesi sebagai copywriting  :

  1. Cobalah anda pelajari dengan baik dan seksama produk atau layanan yang anda ingin tulis produknya. Semakin anda paham produknya maka akan semakin mudah anda untuk menulis dan menuangkan berbagai ide dalam bentuk kontens tulisan.
  2. Cobalah anda untuk mengetahui dan pahami kebutuhan dari audiens anda.

Dengan mempelajari dan memahami karakter dari audiens anda, maka akan semakin mudah bagi anda untuk membuat sebuah kontens yang di butuhkan oleh audiens tersebut. Karena anda sudah tahu seperti apa karakternya.

  1. Cobalah pada saat memulai menulis dengan membuat sebuah headline  yang menarik.

Sebuah headline adalah awal seorang penulis membuat tulisan. Dengan headline yang menarik akan membuat orang lain lebih tertarik untuk membaca lebih lanjut dari artikel tersebut

  1. Cobalah untuk  mendukung headline yang anda buat dengan adanya lead yang menarik dan sesuai tujuan.

Dengan membuat lead yang mendukung dari tulisan headline tersebut, maka anda akan tahu seperti apa sebaiknya lead tersebut harus di buat sedemikian rupa. Dengan kondisi seperti itulah anda akan  bisa mencari komposisi  kata yang menarik.

  1. Cobalah  bagi anda untuk menulis copy yang bermutu dan sesuai target audiens

Membuat sebuah copy atau tulisan singkat, dengan semakin sering anda membuat tulisan akan semakin terbiasa anda membuat sebuah copy yang menarik. Karena  yang namanya menulis itu adalah sebuah kebiasaan. Ketika anda terbiasa untuk menulis sesuatu yang menarik tidak sulit bagi anda untuk mendapatkan susunan kata yang menarik pula. Hal inilah yang menjadikan anda semakin mahir sebagai copywriter.

  1. Cobalah pada bagian akhir anda lakukan ajakan  terkait materi promosi yang anda buat.

Ajakan memang  baiknya di lakukan di akhir dari sebuah tulisan. Karena dengan pembuatan ajakan di akhir, maka pembaca akan bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Cobalah anda lakukan beberapa hal diatas, atau bisa juga mencoba untuk berdiskusi dengan team yang ada pada FR Consultant Indonesia. Dengan berdiskusi maka anda akan tahu seberapa jauh kemampuan anda sesuai dengan bakat dan minat dari kedua profesi Digital Marketing  yang ingin anda tekuni dan pilih tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel