Jangkauan Pekerjaan Seorang Digital Marketing Cukup Menarik bagi Profesional Muda

 Bagi anda yang saat ini masuk dalam generasi millennial, jelas masalah atau profesi digital marketing cukup familiar di telinga kalian. Tetapi apakah kalian sudah tahu seberapa jauh profesi digital marketing bisa menjadi daya tarik untuk menekuni profesi tersebut secara profesional.

Digital Marketing memang sebuah profesi yang saat ini cukup banyak di minati karena banyak di butuhkan oleh pelaku bisnis. Tidak saja pebisnis yang masih baru dalam menjalankan bisnisnya. Hingga pelaku bisnis yang sudah cukup dewasa usianya, sudah pasti akan tetap membutuhkan profesi yang bernama digital marketing tadi.

profesi-digital-marketing
Ide Bisnis Terbaik – sumber

Ada beberapa hal yang membuat mereka tertarik dengan profesi tersebut dan berusaha untuk bisa menjadi salah satu bagian dari pekerjaan. Hingga pada akhirnya mereka harus menentukan pilihan ke bidang mana dari profesi tersebut. Karena tidak bisa di pungkiri beragam jenis profesi yang berhubungan dengan bidang digital marketing cukup banyak.

Kenapa Generasi Millenial Menyukai Pekerjaan yang terkenal dengan Online Marketing

Jika saat ini eranya digital, maka tidak salah jika generasi millennial menjadi salah satu personal yang akan banyak mengikuti passionnya. Dibilang sulit untuk bisa menjadi profesional digital marketing mungkin benar. Tetapi ada juga mereka suka dengan pekerjaan tersebut karena sesuai dengan bidang jurusan yang di tekuninya semasa kuliah. Sehingga satu hal yang mesti jadi pertimbangan pada saat anda memutuskan untuk bisa jadi profesional digital marketing adalah :

  1. Seorang digital marketing setidaknya harus memiliki karakter diri yang kreatif, penuh semangat dan sudah pasti memiliki jiwa seni. Kenapa, karena pekerjaannya berhubungan dengan yang namanya seni.
  2. Seorang profesional digital marketing adalah mereka yang memiliki karakter diri yang mudah belajar dan beradaptasi dalam kondisi apapun. Kenapa, karena menjadi profesi tersebut anda akan selalu di hadapkan pada orang-orang yang ingin selalu berkreasi sesuai dengan bidang keilmuwannya.
  3. Seorang profesional digital marketing memang tidak harus menuntut ilmu terlebih dahulu di bangku kuliah. Memang ada baiknya jika di dahului oleh belajar tentang ilmu tersebut dengan mereka yang lebih dahulu paham. Ketika kondisi tidak memungkinkan untuk belajar, maka secara otodidak dan mengikuti kursus-kursus adalah pilihan yang tepat untuk menguasai ilmu ini.

10 Jenis Pekerjaan yang masuk dalam kategori Internet Marketing

Dengan berkembangnya teknologi dan tren penggunaan teknologi yang semakin pesat. Maka tidak bisa di pungkiri jika pada akhirnya profesi Digital Marketing menjadi salah satu profesi yang banyak di butuhkan pelaku bisnis. Hal itu di karenakan perusahaan dengan berbagai bidang bisnis membutuhkan yang namanya profesional di bidang Digital Marketing untuk meningkatkan performance bisnisnya.

Hal itu menunjukkan bahwa memang saat ini profesi tersebut sedang di butuhkan oleh pelaku bisnis. Bukan saja karena saat ini bidang tersebut sesuai dengan kondisi yang ada di masyarakat dan pelaku bisnis. Juga karena bisnis yang berkembang saat ini sudah pasti akan cepat pergerakannya jika di dukung dengan promosi yang di jalankan dengan model digital marketing.

Baca juga : Apa Itu Digital Marketing Surabaya? Mengapa Bisnis Memerlukan Digital Marketing?

Itulah yang mendasari hingga saat ini banyak generasi millennial yang ingin menekuni profesi tersebut sesuai dengan passion, bidang keilmuwan dan kesempatan yang bisa mereka dapatkan dengan kemampuan yang mereka miliki. Dari beberapa jenis profesi dan bidang pekerjaan yang berhubungan dengan profesi digital marketing kita bisa jelaskan beberapa model profesi tersebut dengan segala aktivitasnya.

Memang jika kita jelaskan ada sekitar 10 bidang pekerjaan yang bisa kalian pilih sebagai generasi millennial untuk menekuni profesi sebagai profesional digital marketing :

  1. Content Strategist/ Social Media strategist
  2. Social Media Spesialist
  3. Copywritter
  4. Content Writter
  5. SEO/SEM Spesialist
  6. Desain Grafis
  7. Desain Web/Mobile development
  8. sebagai UI/UX Designer
  9. PPC Spesialist
  10. CRM Staff

Dari beberapa profesi yang ada, kita mencoba menjelaskan beberapa profesi tersebut agar kalian bisa tahu seperti apa sebenarnya profesi seorang digital marketing lengkap dengan profesi pilihannya.

Profesi sebagai Content Strategist/ Social Media Strategist

Seorang content strategist/ Social Media Strategist adalah mereka yang bekerja untuk merencakan sebuah materi promosi yang nantinya akan di upload atau di share melalui media sosial. Tentu saja dirinya harus menguasai bagaimana karakter dari media social yang akan di gunakan sehingga promosinya tepat sasaran. Hal penting yang harus di lakukan oleh profesi ini adalah, dirinya harus bisa menganalisa sebuah traffic dari media social yang di pilihnya dengan menggunakan satu tools atau alat yang di kenal dengan sebutan SEO ( Search Engine Optimization).

Nah untuk profesi lain yang berada di lingkup digital marketing yang mendekati pekerjaan
seperti profesi Content Strategist/ Social Media Strategist dia adalah profesi yang selalu berhubungan dengan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya.

 Profesional itu biasa kita sebut sebagai Social Media Spesialist, perspektif tugas yang mereka lakukan adalah selalu berhubungan dengan beragam media sosial yang di gunakan untuk promosi produk. Kemudian ada juga Copy writer karena masih ada kaitan dengan pembuatan konten, maka profesi ini adalah membuat materi yang akan di publikasikan dalam bentuk Iklan billboard, Televisi, Radio, Website hingga ke Social Media. Tujuannya adalah agar produk yang di iklannya mendapat respon cukup bagus. Dan profesi yang juga tidak beda jauh adalah Content Writer karena mereka harus membuat kontent-kontent yang menarik yang akan di pergunakan oleh perusahaan sesuai tujuan dari kontens tersebut.

SEO/SEM Spesialist Expert Profesi

Seorang dengan profesi ini adalah mereka yang harus memiliki kemampuan dalam melakukan pengelolaan website dengan menggunakan tools SEO/SEM agar website yang di kelolanya bisa menjadi website yang mudah di cari dan di temukan oleh orang lain. Dengan cara seperti itu maka produk yang di promosikan bisa lebih di kenal oleh publik. Berdasarkan perspektif itulah, maka seorang yang berprofesi sebagai SEO/SEM spesialist harus tahu bagaimana mengelola website secara benar. Sehingga performance dari sebuah website bisa meningkat dan menjadi media promosi terbaik bagi sebuah produk yang sedang di pasarkan.

Profesi Desain Grafis

Untuk profesi ini sesuai dengan namanya maka mereka harus punya kemampuan dalam hal mendesain. Baik untuk materi di social media, di website hingga materi desain untuk media iklan lainnya. Sudah pasti mereka juga harus punya taste seni yang cukup tinggi karena pekerjaanya berhubungan dengan seni dan promosi produk.

Profesi Web/ Mobil Development, UI/UX Designer

Karena dari namanya saja kita sudah tahu pekerjaanya berhubungan dengan pembuatan program dan pemprograman sesuatu maka sudah harus mereka memiliki kemampuan dalam bidang yang lebih teknis. Masalah keilmuwan yang berhubungan dengan teknik informatika harus bisa mereka kuasai karena dari sana lah awal mula pekerjaan mereka akan di mulai. Jika dasarnya mereka sudah bisa maka profesi web development atau UI/UX bisa mereka pilih sesuai bakat dan minat.

Profesi PPC Spesialist dan CRM Staff

Kedua profesi ini memang ada dalam bidang digital marketing. Tetapi fokus kerja mereka berhubungan dengan pihak luar. Jika PPC Spesialist bertugas untuk menghubungkan perusahaan dengan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads, maupun Instagram Ads. Media yang di pakai untuk iklan. Sedang CRM Staff adalah mereka yang bertugas untuk memaintenance klien perusahaan agar bisa menjadi loyal customer yang menguntungkan perusahaan.

Bagi kalian yang memang tertarik dengan profesi digital marketing bisa memilih salah satu dari 10 jenis profesi yang anda bisa pilih. Namun jika masih bingung untuk memilih anda bisa berkomunikasi dengan perusahaan seperti FR Consultant Indonesia. Sebuah perusahaan yang akan membantu anda menentukan profesi yang pas dengan minat dan bakat kalian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel