Keuntungan Menggunakan Jasa Freelance Akuntansi Bagi UMKM

 Keuntungan menggunakan jasa freelance akuntansi perlu dipertimbangkan untuk pelaku UMKM. Mengelola keuangan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan hal penting untuk keberlangsungan usaha.

Bahkan penelitian mengungkapkan bahwa mengatur alur kas merupakan salah satu dari 3 alasan UMKM bisa bertahan. Memiliki alur kas yang sehat bisa membuat bisnis bertahan untuk waktu lama.

Namun demikian sayangnya tidak banyak pelaku UMKM yang dapat mengatur alur kas dengan baik. Bahkan sebagian ada yang tidak mengetahui bagaimana cara atau langkah apa untuk mengelolanya.

jasa-freelance-akuntansi
26. Keuntungan Menggunakan Jasa Freelance Akuntansi Bagi UMKM – sumber

Tidak sedikit dari mereka sampai harus mengeluarkan biaya besar untuk merekrut admin keuangan. Itu saja masih dihantui perasaan was-was mengenai data pembukuan yang tidak real.

Inilah mengapa jasa freelance akuntan bisa menjadi solusi dan sangat membantu. Meski tidak sedikit yang acuh pada pentingnya hingga keuntungan menggunakan jasa ini untuk kelanjutan bisnis mereka.

Alasan Menguntungkan Menggunakan Jasa Freelance Akuntansi

Sebelum memabahas mengenai apa saja keuntungan menggunakanjasa freelance akuntan bagi pelaku UMKM, sebaiknya membahas alasan mengapa mereka tidak mau menggunakan jasanya.

Ada beberapa alasan pelaku UMKM tidak berani menggunakan jasa freelance akuntansi diantaranya adalah menganggap biayanya tinggi. Biaya bisa menjadi pertimbangan berat bagi mereka yang kurang informasi.

Mereka menganggap jasa akuntan bisa menghabiskan biaya besar padahal manfaat yang didapat tidak kalah besarnya. Mengeluarkan dana sekali untuk membuat program keuangan yang efektif jauh lebih murah dibandingkan menggaji admin keuangan.

Namun ada pula yang tidak mau menggunakan jasa freelance akuntan dengan alasan nyaman menggunakan cara lama. Pembukuan manual dianggap lebih mudah dibandingkan menggunakan program keuangan.

Alasan lain ialah kurangnya pengetahuan akan keuntungan menggunakan jasa freelance akuntansi bagi pelaku UMKM, berikut ulasannya.

  • Memudahkan Pembuatan Laporan Keuangan

Keuntungan pertama menggunakan jasa freelance akuntan adalah membantu membuat laporan keuangan. Laporan keuangan ini sangat penting untuk melihat kondisi arus kas pada bisnis UMKM.

Jika ingin bisnis berjalan lancar maka harus ada pembukuan keuangan yang jelas sebagai bahan evaluasi. Pembukuan teratur bisa membantu melihat kondisi keuangan secara real setiap harinya.

Bukan hanya perusahaan besar yang membutuhkan pencatatan pembukuan namun usaha kecil membutuhkannya. Bisnis bisa bertahan dengan baik dengan adanya pembukuan yang jelas dan relevan.

Saat ini sudah sedikit perusahaan besar yang masih menggunakan pembukuan manual untuk alur kas keuangannya. Kebanyakan sudah menggunakan aplikasi atau software keuangan agar lebih praktis.

Hal ini tentu tidak hanya berlaku untuk perusahaan besar saja, sebuah usaha kecil yang ingin berkembang juga memerlukannya. Pembukan akan lebih akurat dan lebih jelas sesuai kondisi sebenarnya.

  • Menghemat Waktu

Keuntungan menggunakan jasa freelance akuntansi selanjutnya adalah lebih menghemat waktu. Dibandingkan berusaha membuat pembukuan sendiri dengan minimnya informasi dan pengetahuan pasti membutuhkan waktu lama.

Terlebih bagi kamu yang belum memiliki pengalaman atau keahlian dibidangnya. Selain menghabiskan waktu tentu juga membutuhkan focus, akurasi dan pemikiran yang berat dan niat kuat dari dalam diri.

Baca Juga : Manfaat Pembukuan untuk Perusahaan

Jika tidak maka sudah dapat dipastikan pembukuan alur kas bisnis kamu tidak bisa tercapai secara maksimal. Dengan adanya jasa freelance akuntan kamu bisa menentukan waktu penyelesaian.

Sudah tidak repot, tidak menghabiskan waktu pula. Tentu menggunakan jasa freelance menjadi solusi tepat, bahkan kamu bisa mengatur kapan waktu yang diinginkan untuk mendapatkan hasil pekerjaannya.

Saat sudah selesai maka kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan atau software akuntansi yang cocok untuk UMKM untuk waktu lama. Program keuangan tersebut bisa dipakai hingga kapan saja khusus demi kelangsungan bisnis UMKM yang dikelola.

  • Menghemat Biaya

Keuntungan menggunakan jasa freelance akuntansi adalah menghemat biaya. Biaya merekrut dan menggaji admin keuangan bisa kamu alihkan untuk menyewa jasa freelance akuntan yang jauh lebih murah.

Mengapa menggunakan jasa freelance akuntan bisa menghemat biaya bagi pelaku UMKM? Hal ini karena kamu tidak perlu lagi menghabiskan biaya tinggi untuk merekrut akuntan terbaik untuk bisnis kamu.

Tidak perlu mengeluarkan gaji bulanan untuk mendapatkan pembukuan alur kas secara khusus. Tinggal menyewa jasa freelance akuntansi maka format pembukuan terbaik bisa didapatkan demi kelancaran bisnis.

Bahkan jika kamu bisa menggunakan jasa freelance untuk membuat program pembukuan alur kas maka tidak perlu lagi adanya admin keuangan. Semuanya data akan dicatat dalam program keuangan dari jasa freelance akuntan.

Tinggal gunakan jasa pembuatan program keuangan terbaik dari freelance akuntan maka kamu bisa menghemat biaya bulanan untuk gaji admin. Biaya bisa disalurkan untuk keperluan lain demi memajukan bisnis.

  • Menghindari Kecurangan dalam Pencatatan Keuangan

Selain itu keuntungan menggunakan jasa freelance akuntansi adalah menghindari kecurangan dalam catatan keuangan. Kecurangan bisa dilakukan jika mengisi pembukuan masih menggunakan cara manual.

Kamu bisa saja mencurigai admin keuangan untuk menulis pembukuan bukan sesuai kondisi sebenarnya. Tentu hal ini bisa merugikan bisnis UMKM dan mempengaruhi kelancaran bisnis.

Program yang tersusun dengan baik dan bisa dioperasikan dengan mudah tentu dapat menghindari kecurangan dalam catatan keuangan. Catatan dapat terkontrol dengan baik dan sesuai keadaan.

  • Hasil Pembukuan Keuangan Lebih Profesional

Hal lain yang menjadi keuntungan menggunakan jasa freelance akuntansi adalah hasil pembukuan profesional. Hal ini tentu tergantung freelancer yang kamu sewa jasanya.

Jika ingin mendapatkan hasil yang profesional maka pandailah mencari jasa freelance akuntan dengan kemampuan mumpuni. Kemampuan seorang akuntan akan mempengaruhi hasil pembukuannya.

Saat mencari seorang freelance akuntansi maka sebaiknya anda memilih seorang yang memang ahli dibidang akuntansi. Carilah yang sudah memiliki banyak sertifikat dan review baik dari para pelanggannya. Dengan banyaknya keuntungan menggunakan jasa freelance akuntansi maka tidak perlu ragu lagi mencari jasa terbaik untuk keberlangsungan bisnis UMKM kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel