Tips Mencari Admin Sosmed untuk Mengurus Konten

 Mencari Keberadaan admin sosmed sangat diperlukan oleh sebuah bisnis untuk mengurus konten pada sosial media milik perusahaan. Tanggung jawab utamanya adalah memastikan bahwa pemasaran dari jalur tersebut berjalan sesuai dengan target.

Sebuah perusahaan atau entitas bisnis membutuhkan mereka jika merasa kerepotan untuk mengelola konten di sosial media. Meski demikian, mencari tenaga profesional yang berkualitas juga tidak mudah sehingga harus benar-benar dievaluasi.

Tahapan Evaluasi Admin Sosmed Sebelum Resmi Direkrut

admin-sosmed

Sebelum Kamu benar-benar ingin mempekerjakan karyawan di bagian sosial media, ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan. Mulai dari evaluasi terhadap kemampuan personalnya secara teknis, membuat konten, dan bekerja berdasarkan data.

Pastikan memiliki skill mumpuni di bidangnya dengan portfolio

Langkah pertama sebagai bahan evaluasi adalah melihat kemampuan personal dari kandidat yang akan mengelola media sosial. Perhatikan bagaimana individu tersebut bekerja secara teknis, serta kemampuannya untuk mengatasi masalah terkait pekerjaannya.

Agar lebih hemat waktu, usahakan hanya melakukan seleksi terhadap kandidat dengan portfolio dari pekerjaan sebelumnya. Selain telah memiliki pengalaman bekerja, portfolio tersebut juga bisa menjadi acuan apakah diterima atau tidak.

Mampu membuat konten yang relevan dengan bisnis perusahaan

Seorang admin sosmed harus mampu membuat konten yang sesuai dengan produk atau brand milik perusahaan. Tujuannya agar konten tersebut bisa selaras dengan strategi perusahaan sehingga bisa menunjang pemasaran secara online.

Beberapa kandidat mungkin memiliki spesialisasi tertentu dalam mengelola berbagai saluran media sosial. Seperti monetisasi Facebook, bekerja dengan influencer di Instagram atau menangani layanan pelanggan Twitter, sehingga pilihannya tergantung kebutuhan perusahaan.

Baca juga : Digital Marketing Itu Apa? Apa Sajakah Layanan Digital Marketing?

Biasa membaca dan menyajikan presentasi berdasarkan data

Tidak semua orang bisa menyajikan presentasi atau laporan dalam bentuk data berdasarkan realita yang ada. Alhasil, mencari karyawan dengan kemampuan ini terbilang cukup sulit sehingga tahap evaluasinya harus benar-benar diperhatikan. 

Laporan berbasis data secara spesifik sangat berguna karena dipakai sebagai acuan untuk aktivitas pemasaran ke depannya. Jika Kamu kesulitan untuk menemukan kandidat potensial, solusinya adalah bekerjasama dengan ahli rekrutmen profesional.

Bisa bekerjasama dengan departemen terkait

Selain mengelola konten, admin sosmed juga harus memiliki kemampuan adaptasi yang bagus di lingkungan kerja. Salah satunya adalah bekerjasama dengan divisi terkait seperti desainer, penulis, editor video, hingga sales dan marketing.

Kerjasama tersebut tidak hanya dilihat sebagai kekompakkan semata, tapi juga sebagai sarana untuk mendukung kinerja pemasaran. Kombinasi tersebut dianggap bisa memberikan dampak yang positif lewat penjualan secara offline maupun online.

Tugas dari Seorang Admin Media Sosial Media

Mencari Karyawan Admin sosmed yang bisa mengelola sosial media sejatinya memiliki tugas yang sangat spesifik dalam ranah pemasaran digital. Tidak hanya membuat konten secara berkala. mereka juga harus mampu  melakukan riset dan berinteraksi secara intesifl.

Membuat konten secara berkala untuk keperluan pemasaran

Salah satu tolak ukur dari admin sosmed adalah kemampuannya untuk membuat konten yang relevan secara berkala. Mereka bertanggung jawab secara penuh terhadap timeline penerbitan konten di semua platform sosial media.

Dalam beberapa kasus, mereka juga harus memahami audiens yang menjadi target pemasaran. Dari sana, konten persuasif kemudian dibuat sesuai dengan kebiasaan audiens agar meningkatkan presentasi konversi dari prospek menjadi pembeli.

Melakukan riset dan mengevaluasi perilaku konsumen

Riset dan mengevaluasi perilaku calon konsumen ketika berinteraksi merupakan salah satu tugas penting berikutnya. Seorang pengelola sosial media harus memahami cara membaca data, metrik, grafik, serta presentase sebagai bahan laporannya.

Laporan dari admin sosmed tersebut sangat berguna sebagai acuan untuk mengambil langkah strategis dalam sebuah kampanye pemasaran. Tanpa adanya data yang jelas, tentu sangat mustahil bagi perusahaan ketika mengambil keputusan.

Berinteraksi dengan pelanggan lewat sosial media

Kemampuan berinteraksi sangat dibutuhkan ketika calon konsumen maupun pengunjung sedang bertanya di sosial media. Dari sini, seorang ahli media sosial bisa membangun kedekatan dengan produk lewat jawaban atas pertanyaan mereka.

Sebagai admin sosmed, interaksi lewat tanya jawab tersebut bisa digunakan sebagai kesempatan untuk menjelaskan produk. Setelah memberikan penjelasan singkat, calon konsumen bisa diarahkan untuk menghubungi bagian marketing untuk informasi selengkapnya.

Cara Mencari Kandidat Admin Sosmed yang Potensial

Meski tidak mudah dalam mencari kandidat team yang memiliki potensi, Kamu bisa mencobanya dengan berbagai cara di bawah ini. Mulai dari memanfaatkan jejaring sosial LinKedin, membuka loker di situs-situs jobseeker, serta meminta referensi.

Memanfaatkan situs profesional seperti LinKedin

Menemukan admin sosmed yang berkualitas bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform jejaring profesional seperti LinKedin. Kamu bisa mencarinya dengan kata kunci “social media specialist” atau lainnya untuk menemukan kandidat dengan mudah.

Jika telah menemukan kandidat yang potensial, Kamu bisa mengirimkan DM secara personal sebagai tawaran bekerja. Yang perlu diperhatikan. usahakan agar calon karyawan dalam posisi tidak bekerja atau sebagai jobseeker.

Membuka lowongan pekerjaan di situs-situs jobseeker

Cara berikutnya adalah dengan membuka lowongan pekerjaan di situs-situs jobseeker yang banyak dikunjungi pencari kerja. Dari sana, peluang untuk mendapatkan kandidat potensial sangat terbuka lebar karena pelamar bebas mengirimkan lamarannya.

Jika Kamu mencari posisi admin sosmed, pastikan telah mencantumkan kualifikasi dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Prioritaskan pelamar dengan pengalaman kerja yang relevan pada bisnis sehingga rekrutmen bisa berjalan efektif.

Meminta referensi dari karyawan sebelumnya

Jika masih belum menemukan kandidat yang sesuai lewat kedua cara di atas, Kamu bisa meminta referensi pada karyawan lainnya. Pastikan untuk melihat rekam jejak calon pelamar tersebut meski statusnya direferensikan.

Referensi juga dapat kamu lakukan dengan bisa melibatkan mantan karyawan sebelumnya agar mendapatkan kandidat yang sesuai harapan. Bisa juga dengan menggunakan jasa rekrutmen profesional sebagai pihak untuk proses seleksi tahap akhir sebelum benar-benar direkrut.

Mengurus konten di media sosial memang tidak mudah sehingga perlu menggunakan tenaga khusus agar bisa dikelola dengan baik. Solusinya adalah dengan cara mempekerjakan admin sosmed profesional untuk menangani tugas tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel