Jadikan Admin Keuangan Fungsi Kontrol awal bagi Perusahaan

 Mengelola sebuah bisnis, sekalipun masih dalam taraf bisnis UMKM, memang harus di kelola dengan benar. Terlebih  bagi kalian yang saat ini sedang berjuang untuk bisa membesarkan bisnis yang sedang kalian bangun. Salah satu cara mudah untuk menjalankan operasional kantor adalah dengan menjadikan admin keuangan sebagai kontrol awal dalam bisnis yang  kalian jalankan.

Bagi kita sebagai pelaku bisnis, mungkin terdengar berlebihan dengan kondisi seperti itu. Tetapi di sisi lain kondisi seperti itu memang harus di jalankan agar kita sebagai pemilik bisnis bisa berfikir lebih fokus dalam pengembangan bisnisnya. Ibarat kata, kita akan bisa berbagi peran dengan karyawan kita  yang bertugas sebagai admin sedangkan kita fokus dalam merencanakan pengembangan bisnisnya.

Bagi yang belum terbiasa melakukannya, memang akan sulit menjalankan sistem tersebut. Mengingat kita akan merasa apakah mungkin orang luar kita berikan tanggung jawab sebesar itu, sedangkan kita sebagai pemilik bisnisnya justru hanya fokus dengan kondisi eksternal perusahaan.  Jika perspektif bisnis yang kita lakukan bersikap seperti itu, mungkin kita  tidak akan bisa menjalakan strategi tersebut.  Lain hal nya jika kita berfikiran maju, maka kita akan bisa yakin bahwa cara itu adalah salah satu cara untuk kita bisa fokus dalam menjalankan bisnis.

Admin-keuangan
Beautiful smart business Asian woman in smart casual wear working on laptop and talking on phone while sitting on table in creative office. Lifestyle women working at home concept.

Pentingnya Laporan Keuangan demi tercapainya Performance terbaik perusahaan.

Bagi kalian pebisnis muda yang masih belum  paham kenapa kondisi tersebut mesti di jalankan. Ada baiknya kalian pahami beberapa kondisi berikut  yang pada akhirnya kalian akan paham kenapa strategi tadi menjadi penting :

  1. Sebuah laporan keuangan itu menjadi salah satu hal penting untuk kita sebagai pelaku bisnis.  Karena laporan keuangan bisa di gunakan sebagai alat untuk kita melakukan pengukuran bisnis. Sehingga maju atau tidaknya bisnis yang sedang kita jalankan akan bisa tergambar dari  laporan keuangan  yang  kita buat.
  2. Sebuah  laporan keuangan menjadi salah satu media atau alat untuk pelaku bisnis bisa melakukan strategi atau langkah-langkah dalam merencanakan monitoring bisnis yang sedang di jalankan. Sehingga dengan  laporan tersebut bisa jadi dasar untuk kita melakukan perbaikan  untuk hal yang lebih baik.
  3. Sebuah laporan keuangan juga bisa di jadikan sebagai panduan atau acuan untuk kita  pelaku bisnis dalam membuat sebuah proyeksi bisnis.  Dimana keberadaan sebuah proyeksi bisnis itu sendiri penting dalam melancarkan perkembangan  bisnis yang sedang di jalankan agar hasilnya bisa  optimal dan maksimal.
  4. Sebuah laporan keuangan, juga bisa di pakai oleh kita sebagai pelaku bisnis untuk meningkatkan kepercayaan perusahaan kita kepada pihak lain, bisa konsumen atau investor. Sehingga kredibilitas atau reputasi  bisnis yang kita jalankan walaupun masih dalam taraf UMKM sudah bisa di katakan profesional. Hal itu di karena sejak dini kita sudah melakukan pelaporan keuangan secara benar.

Admin Keuangan digunakan pebisnis sebagai filter bisnis secara aktif

Dengan semua penjelasan diatas, pada akhirnya kita sebagai pemilik bisnis harus sadar. Bahwa keberadaan seorang  admin yang tugasnya melakukan pencatatan laporan keuangan harus juga memiliki beberapa keterampilan yang bisa menunjang tugas dirinya.

Memang karena fungsinya cukup penting, maka bagi perusahaan yang  tarafnya masih kecil seperti pebisnis UMKM. Ada baiknya ketika kita menjalankan sistem seperti  yang telah di jelaskan diatas, ada baiknya seorang administrasi tadi harus memiliki beberapa keterampilan tambahan seperti misalnya :

  1. Seorang admin  bagian pencatatan keuangan harus memiliki pengetahuan dasar pembukuan atau akuntansi dengan baik. Karena itu sebagai basic  dasar dirinya dalam menjalankan tugas dengan baik dan benar.
  2. Seorang admin  bagian pencatatan keuangan harus mampu atau memiliki pengetahuan soal dasar- dasar atau pemahaman masalah yang berhubungan dengan surat  berharga. Karena bagaimanapun juga yang namanya pebisnis sudah pasti akan berhubungan dengan surat berharga. Sehingga paling tidak seorang admin yang di beri tugas untuk masalah keuangan harus sedikit banyak tahu soal surat berharga.
  3. Seorang admin bagian keuangan juga harus memiliki kemampuan standar dalam hal yang berhubungan dengan bidang surat menyurat dan masalah pengarsipan dokumen. Ini menjadi penting agar dirinya bisa bekerja secara sistematis sehingga ketika arsip atau surat penting di butuhkan bisa dengan cepat di berikan kepada kita sebagai pemilik bisnis.
  4. Seorang admin bagian keuangan sudah pasti harus memiliki jiwa atau sifat yang baik dan bisa di percaya. Karena  salah satu kunci dari bisa berjalannya sistem dan prosedur ini dalah pada saat anda memiliki seorang admin bagian pencatatan akuntansi yang bisa di percaya.  Karena akan beresiko jika orang yang di percaya untuk memegang bagian tersebut ternyata justru menjadi orang yang melakukan tindakan jurang dengan cara memanipulasi data. Jika hal itu terjadi, maka seorang admin itulah yang akan menjadi kendala dalam pengembangan bisnis anda. Jadi carilah seorang admin bagian keuangan   yang jujur dan  bisa di percaya.

Memang tidak mudah untuk kita sebagai pemilik bisnis untuk menjalankan itu semua secara benar ketika bisnis kita masih baru di  jalankan. Tetapi hal itu menjadi penting justru pada saat kita masih awal dalam menjalankan bisnis, sehingga kita sudah bisa melakukan step  by step secara benar di mulai dengan pencatatan laporan keuangan.

Satu hal penting yang mungkin bisa jadi masukan bagi anda. Jika saat ini anda memang belum bisa mewujudkan hal  tersebut, jangan ragu karena anda bisa berkonsultasi dengan FR Consultant Indonesia. Karena perusahaan tersebut dengan kredibilitas dan kemampuan yang di milikinya dapat menjadi mitra bisnis anda dalam  menjalankan aktivitas bisnis secara benar.

Intinya adanya bahwa jangan anggap sepele sesuatu yang bersifat administrasi, seperti misalnya admin keuangan. Karena justru dari hal yang semula anda anggap sepele itulah mungkin kesuksesan bisa dengan mudah anda raih. Jadi apapun jenis pekerjaanya, jika memang anda bisa memberikan keyakinan pada karyawan anda, maka mereka akan lebih respect dan   hormat kepada anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel