Profesi Jasa Akuntansi butuh komitmen dan Profesionalisme

 Memiliki kemampuan dalam bidang akuntasi dan keuangan, pada saat sekarang memang menjadi satu hal yang cukup menguntungkan. Kenapa, karena dengan perkembangan bisnis seperti UMKM sudah pasti mereka membutuhkan jasa akuntansi. Sehingga ketika kita memiliki kemampuan itu jangan ragu untuk terus mengembangkannya.

Istilah akuntansi memang kita sudah tidak asing lagi, karena sudah pasti semua jenis bisnis dari kelas UMKM hingga corporasi membutuhkan apa yang di namakan akuntansi atau pencatatan akuntansi dan keuangan. Hal itu cukup beralasan mengingat akuntansi adalah salah satu komponen penting bagi perusahaan untuk menentukan  performance dari bisnis yang sedang di jalankan. Itulah kenapa, ketika sebuah perusahaan atau bisnis tidak menggunakan pelaporan akuntansi  biasanya ada beberapa hal yang mungkin akan sulit di  lakukan secara benar :

  1. Perusahaan atau pelaku bisnis tidak akan bisa dengan mudah mengambil keputusan dari kondisi bisnis yang ada. Karena pelaku bisnis  tidak memiliki cukup data untuk mengambilan keputusan.
  2. Perusahaan atau pelaku bisnis tidak akan bisa dengan mudah mengukur untung atau rugi dari bisnis yang di jalankannya. Karena perusahaan  tidak memiliki cukup data untuk menentukan berapa uang masuk dan berapa uang  keluar.
  3. Perusahaan atau pelaku bisnis tidak akan bisa membuat strategi bisnis yang benar, karena ketidak akuratan data  yang di miliki oleh perusahaan  atau pelaku bisnis.

Peran Akuntasi dalam sebuah Perusahaan Bisnis / Pelaku Bisnis

Sebenarnya jika kita melihat apa yang di kerjakan oleh mereka yang berprofesi sebagai akuntan, memang profesi atau pekerjaan ini bisa di bilang butuh konsentrasi dan kematangan dalam menjalankan tugasnya. Karena dari beberapa bagian yang mereka kerjakan, pada akhirnya kita bisa melihat bahwa tugas mereka itu memiliki beberapa tujuan yang penting bagi pelaku bisnis atau perusahaan  yang menugaskannya :

  1. Keberadaan pelaporan akuntansi atau keuangan, pada dasarnya berguna untuk memberikan data dan informasi yang berguna untuk perusahaan atau pelaku bisnis. Yang mana dari hasil pelaporan data dan informasi yang tersaji dengan baik dan benar itulah, sehingga perusahaan atau pebisnis bisa menganalisa berbagai  hal yang berhubungan dengan sumber modal dan sumber daya terkait yang di miliki perusahaan dalam tujuannya untuk menjalankan bisnis. Sehingga dengan adanya data dan informasi tersebut, pelaku bisnis akan tahu seperti apa performance dari usaha  yang dijalankannya.
  2.  Keberadaan pelaporan akuntansi  atau keuangan, bisa di jadikan bahan yang tepat untuk  perusahaan atau pelaku bisnis dalam mengambil satu keputusan atau tindakan yang berhubungan dengan perusahaan. Hal itu di mungkinkan  bisa di lakukan secara benar, mengingat data dan informasi yang di sajikan memang menggambarkan kondisi terkini dari usaha  yang kita jalankan. Itulah sebabnya, pelaporan ini menjadi sangat penting.

Itulah kenapa, saat ini bagi pebisnis  skala UMKM atau corporasi, tidak ada kata tidak untuk menggunakan profesional akuntansi untuk melaporkan aktivitas yang berhubungan dengan keuangan di perusahaan atau bisnisnya.

jasa-akuntansi

Peran Jasa Akuntansi Publik solusi terkini dalam menunjang  performance  perusahaan

Mungkin bagi kita  yang saat ini masih dalam taraf bisnis kelas UMKM masih merasa bahwa masalah pembukuan atau akuntansi bisa di jalankan sendiri. Tetapi sebaiknya, memang hal itu sudah harus di jalankan oleh profesional yang paham tentang masalah akuntansi.  Jika saat ini ada profesi akuntan publik itu adalah solusi  terbaik untuk perusahaan mencoba melihat sisi laporan keuangan dari pihak lain di luar perusahaan.

Kenapa hal itu perlu di lakukan oleh perusahaan besar atau perusahaan yang sudah mapan. Hal itu di lakukan untuk sebagai  cek and ricek dari pekerjaan yang telah di lakukan oleh karyawan  bagian akuntansi dan keuangan. Jangan sampai hanya karena kita terlalu percaya dengan staf bagian akuntansi dan keuangan kita lalai untuk melakukan cek dan ricek.  Karena bagaimanapun juga, pekerjaan ini adalah membutuhkan ketelitian, kejujuran, konsistensi dan kredibilitas yang kesemuanya masuk dalam kategori profesionalisme kerja. Sehingga karena proses kerjanya sama, sehingga di butuhkan satu kondisi di mana pekerjaan mereka pun harus di awasi oleh pihak luar yang tahu tentang masalah keuangan dan akuntansi.

Berdasarkan kondisi itulah, sehingga saat ini peran akuntan publik cukup banyak di butuhkan oleh perusahaan. Karena mereka bertugas untuk melakukan  pengecekan dan melakukan analisa dari laporan keuangan yang telah di lakukan oleh staf kantor. Dimana hasil akhir yang nantinya akan di keluarkan oleh seorang akuntan publik atau perusahaan akuntan publik dalam bentuk opini atau pendapat. Dimana tingkat kewajaran atau ada catatan dari analisa laporan keuangan yang di nilainya.  Sehingga dengan adanya cek dan ricek ini semua hal yang terjadi dalam bisnis sekalipun masih dalam kategori kelas UMKM atau menengah tetap berjalan di jalur yang benar.

Seorang akuntan publik  baik perorangan atau perusahaan, biasanya memiliki beberapa tugas yang mesti di jalankannya. Dari mulai melakukan pekerjaan  yang berhubungan dengan melakukan auditing terhadap segala informasi   yang berhubungan dengan pelaporan keuangan.  Atau bisa juga mereka melakukan review dari beberapa temuan yang di jumpai pada saat melakukan auditing, sehingga pada akhirnya semua laporan bisa di sarikan dalam bentuk opini tingkat kewajaran.

Namun jika saat ini memang anda sebagai pemilik usaha masih belum siap untuk mengundang perusahaan akuntan publik dalam melakuan cek and ricek laporan keuangan. Tidak ada salahnya jika anda mencoba berkonsultasi dengan FR Consultant Indonesia.  Karena perusahaan tersebut juga bisa memberikan masukan atau bantuan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Jadi tidak ada kendala untuk anda selaku pelaku bisnis untuk selalu menggunakan jasa akuntansi dalam menjalankan bisnisnya.  Karena satu kesalahan saja anda lakukan, itu sudah pasti akan berdampak pada bisnis anda.

Lakukan terbaik sedari dini dengan pembuatan laporan keuangan adalah cara terbaik  yang bisa anda lakukan agar semua aktivitas bisa berjalan lancar. Karena yang namanya bisnis, tidak melihat besar atau kecil. Tetapi semua bisnis sudah pasti akan menggunakan uang atau sumber daya untuk menjalankan bisnisnya. Jadi memang harus ada pencatatan keuangan demi tercapainya sistem pencatatan yang baik dan  benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel