5 Tanda Kepuasan Pelanggan yang Perlu Anda Ketahui

 Berbisnis tidak selalu harus tentang penjualan dan pemasaran. Tidak selalu tentang produk dan ekspansi atau pun modal. Berbisnis juga terkait dengan kepuasan pelanggan terhadap produk atau pun jasa yang kamu tawarkan. Karena tanpa adanya kepuasan pelanggan, produk atau pun jasa yang bisnis kamu tawarkan tidak akan berpengaruh banyak terhadap bisnismu.

Bahkan, salah satu penentu keberhasilan pemasaran produk adalah kepuasan pelanggan terhadap usaha kamu.

Ikuti media sosial FR Consultant Indonesia untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis, Keuangan dan Pajak.

Nah, maka dari itu kamu harus memahami nih apa itu indikator kepuasan pelanggan, dan apa saja yang termasuk indikator atau tanda penentu kepuasan konsumen yang bisa kamu perhatikan.

Pengertian Tanda Kepuasan Pelanggan?

Sebelum mengenal lebih jauh terkait indikator kepuasan pelanggan, kamu tentu perlu tahu lebih jelas tentang arti yang dimaksud. Berikut dua pengertian serupa dari para ahli:

  1. Menurut Umar (2005), kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama.
  2. Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2007), kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan.

Dari kedua pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa tanda kepuasan pelanggan adalah pengalaman menyenangkan atau pun kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan, saat sedang berbelaja atau menggunakan produk atau layanan dari bisnis yang kita tawarkan.

Tentu hal ini memiliki indikator-indikator yang bisa kamu perhatikan, berikut di antaranya:

Indikator Kepuasan Pelanggan

Dalam menentukan apakah konsumen kita merasa puas dengan produk atau toko kita, kamu dapat melihatnya secara umum dengan 5 indikator kepuasan konsumen.

1. Konsumen Melakukan Pembelian Ulang

Ketika konsumen telah menaruh rasa percaya dengan bisnis kamu, mereka cenderung terus melakukan pembelian ulang dan membeli lebih banyak. Konsumen pada dasarnya mempercayai kualitas produk, karyawan, dan tahu bahwa layanan yang bisnis kamu berikan tidak akan mengecewakan mereka. Oleh karena itu, melihat seringnya pelanggan kembali ke toko atau pun melakukan pembelian ulang, merupakan tanda bahwa kamu telah memberikan pelayanan yang baik untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Jadi, perhatikan apakah pelanggan kamu terus melakukan pembelian ulang?

2. Konsumen Tidak Kecewa Terhadap Kualitas Pelayanan

Berikutnya adalah kualitas pelayanan. Kenapa kualitas pelayanan dapat menjadi faktor kepuasan konsumen juga? Itu karena dengan pelayanan yang baik, konsumen kamu akan merasa nyaman. Faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan adalah seperti kecepatan, ketepatan, dan keramahan customer service kamu dalam melayani pelanggan.

Itu sebabnya kamu harus mengutamakan pelayanan terhadap konsumen. Karena ini akan menjadi indikator penting bagi kamu untuk melakukan evaluasi terhadap kepuasan pelanggan.

3. Konsumen Tidak Ragu Terhadap Harga Produk Kamu

Harga produk yang ditawarkan tentu sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen kamu loh, karena mereka biasanya ragu-ragu untuk membelinya jika harganya mahal mereka takut tidak sesuai dengan kualiat produk.

Maka dari itu, kamu dapat menyesuaikan antara harga dengan produk yang ditawarkan karena hal tersebut merupakan faktor penentu kepuasan pelanggan. Tapi, biasanya, pelanggan yang puas dengan produk/jasa kamu dari awal, tidak akan terlalu mempermasalahkan harga yang diberikan selama harga tersebut masih terjangkau.

4. Konsumen Memberi Feedback Positif

Menerima feedback positif adalah tanda pelanggan puas dengan bisnis kamu. Ketika pelanggan senang, biasanya mereka tidak ragu untuk mengunggah ulasan tentang pengalaman menyenangkan mereka di manapun. Baik di kolom komentar akun media sosial bisnis kamu, di situs web bisnis kamu, ataupun di akun media sosial mereka sendiri.

5. Apresiasi Yang Diberikan Secara Langsung

Terkadang, konsumen akan mengungkapkan apresiasinya secara langsung untuk menunjukkan kepuasannya. Ketika pelanggan melakukan apresiasi langsung, maka hal ini merupakan tanda yang sangat jelas untuk mengetahui bahwa pelanggan merasa puas akan pelayanan yang kamu berikan.

Jika misalnya kamu membuka restoran, maka saat pelanggan membayar di kasir, pelanggan kamu mungkin akan memberikan apresiasi dengan cara mengatakan secara langsung jika makanan/minuman yang mereka pesan rasanya enak. Ketika kamu mendapatkan konfirmasi secara langsung dari pelanggan kamu, hal ini berarti lampu hijau untuk terus melakukan apa yang telah dan selalu kamu lakukan, dan melakukannya dengan lebih baik lagi.

Keberhasilan sebuah usaha bukan hanya mengukur kepuasan pelanggan loh tapi bagaimana kamu sebagai pebisnis dapat mengelola usaha mulai dari laporan keuangan, manajemen persediaan barang, sampai laporan penjualan juga.

Gunakan Aplikasi Kasir iSeller dan Jasa Konsultan

Mungkin sebagian dari kamu, masih melakukan hal tersebut secara manual. Padahal sekarang lebih mudah karena tersedianya software yang membantu kamu kelola usaha misalnya iSeller.

Dengan iSeller kamu udah bisa kelola semua penjualan kamu mau yang online atau offline karena semuanya udah terintegrasi secara otomatis. Jadi, kamu mengurus usaha hanya dalam satu sistem dashboard aja deh. Mudah bukan?

Terlepas dari pada itu, kamu pun bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan. Bagi kamu yang tinggal di Depok, kamu bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu kamu memonitor sistem keuangan perusahaan kamu. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Kamu bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk kamu.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991. (fr)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel