Apa itu Brand Awareness? Berikut Cara Meningkatkannya

 Berapa orang sering mencari tahu apa itu brand awareness. Sering muncul pada topik pembahasan bisnis, membuat istilah ini terdengar tidak asing. Pasalnya istilah tersebut memang berkaitan dengan sistem jual beli.

Kata ‘aware’ yang memiliki arti kesadaran membuat istilah ini dikenal sebagai pengetahuan mengenai merek tertentu. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang tanpa sengaja melihat benda tertentu dan mengenali merk-nya.

apa itu brand awareness
Brand Price Tags Style Graphics

Bentuk kesadaran tersebut dapat terjadi sebab suatu produk memiliki ciri khas tertentu. Jadi, apa itu brand awareness sangat penting dalam pemasaran bisnis. Sehingga, terdapat beberapa cara untuk meningkatkannya.

Pengertian dan Fungsi Brand Awareness

Apa itu brand awareness adalah kesadaran terhadap merek tertentu. Jadi, hal ini berkaitan dengan seberapa kenal seseorang dengan kategori produk sasaran. Biasanya kesadaran ini menjadi reflek konsumen.

Pentingnya kesadaran ini, sebab mayoritas pelanggan lebih tertarik pada produk terkenal dibandingkan yang belum. Selain itu, terdapat beberapa fungsi adanya pengetahuan produk terhadap bisnis yang kamu jalankan.

Salah satu fungsi dari kesadaran produk adalah menciptakan persepsi yang baik. Diartikan sebagai suatu pengetahuan terhadap produk, membuatnya menyebar cukup luas pada beberapa media sosial.

Dengan meluasnya brand di sosial media, membuat pelanggan lebih mudah mengenali poin positifnya. Selain itu, jika kamu mendapatkan rekomendasi terkait suatu barang. Maka kemungkinan besar respon positif akan kamu berikan.

Selain itu, kesadaran terhadap merk dapat menumbuhkan kepercayaan. Karena, jika kamu mengetahui testimoni dari salah satu teman terhadap produk tertentu membuat mindset baik akan terbentuk.

Tidak hanya berhenti disitu

Tanpa sadar pengetahuan mengenai suatu produk dapat menciptakan suatu jaringan. Sebab, perencanaan baik tentunya akan menyebarkan kesadaran merk cukup tinggi kepada masyarakat.

Tanpa disadari, pembahasan mengenai merk tertentu akan menjadi sebuah topik percakapan. Jika sudah begitu, jaringan akan terbentuk dan dapat membantu untuk menyebarkan informasi lebih luas.

Melalui kesadaran seseorang terhadap merk tertentu, membuat sebuah produk diakui kualitasnya. Tidak selalu mengenai nama brand. Tetapi, dengan memahami ciri khas dari merk tertentu saja sudah menjadi pengakuan dari brand itu sendiri.

Apa itu brand awareness salah satunya dapat dilihat pada fungsinya dalam membangun nilai merk. Pasalnya, jika produk cukup banyak disadari oleh sebagian orang. Hal ini akan meningkatkan harga dari merk tersebut.

Hal ini dapat terjadi sebab poin ini sangat menguntungkan bagi beberapa pihak. Misal pada suatu acara umum, terdapat salah satu brand yang menonjol.

Merk tersebut berpartisipasi dalam menawarkan suatu produk. Tanpa disadari apa itu brand awareness berfungsi di dalamnya.

Sebab, produk yang berhasil di tawarkan oleh merk tertentu yang telah memiliki nama akan ikut melonjak. Di sinilah pentingnya membangun nilai suatu merk.

Baca juga : Pengertian Brand Awareness, dan Fungsinya Bagi Toko Online Anda

Apa itu Brand Awareness, Berikut Cara Meningkatkannya

Kesadaran merk dibuat untuk menciptakan hubungan bersama pelanggan menjadi baik dan berkelanjutkan. Untuk meningkatkan kesadaran kepada konsumen, kamu harus mengetahui strategi yang tepat. Berikut cara yang dapat dilakukan :

1. Berfokus Pada Produk

Apa itu brand awareness adalah yang berfokus pada produk yang kuat. Salah satu cara paling tepat yaitu dengan fokus untuk membuat nilai unik dan menarik. Hal ini terbukti efektif untuk mengikat pelanggan.

Selain itu, kamu juga dapat memastikan kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Dengan beberapa keperluan yang lengkap dan perkenalan produk secara gratis. Dalam sebuah teknologi ciptaan, kamu dapat mencoba dengan memberikan akses.

2. Positioning dan Personalitas

Dalam memasarkan produk untuk meningkatkan kesadaran konsumen, kamu dapat menggunakan strategi positioning. Kamu dapat memposisikan diri sebagai produk premium maupun ekonomis yang sering digunakan sehari-hari.

Pastikan, kamu mengambil posisi yang diinginkan oleh konsumen. Tetapi posisi tersebut belum banyak dilakukan oleh rival kamu. Menggunakan cara ini, kamu dapat meningkatkan kesadaran merk dengan lebih mudah.

3. Memberikan Produk Secara Gratis

Apa itu brand awareness dapat dikenalkan melalui pemberian produk secara gratis. Sebab memperkenalkan dengan cara tersebut terbilang cukup efektif. Konsumen sedikit banyak akan dapat menangkap kesadaran merk.

Tidak perlu diberikan dalam jumlah banyak. Kamu dapat melakukan pendekatan dengan promosi buy 1 get 1. Hal ini memicu alam bawah sadar konsumen, bahwa merk yang ditawarkan termasuk murah.

Konsumen akan mulai penasaran dengan produk setelah mencobanya. Ketika suatu saat bertemu dengan merk yang sama. Konsumen akan langsung kembali pada mindset bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang baik dengan harga terjangkau.

4. Bekerjasama dengan Perusahaan Terkenal

Salah satu cara terbaik untuk mengenalkan apa itu brand awareness yaitu dengan membangun kerja sama dengan perusahaan terkenal. Langkah ini terbilang ampuh membuat merk kamu lebih diketahui.

Dengan membiarkan perusahaan terkenal menyinggung produk kamu akan meningkatkan nilai di mata masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa sebuah perusahaan terkenal memiliki dampak besar dalam membuat kesadaran konsumen tumbuh.

Contoh ini dapat kamu lihat pada sebuah perusahaan terkenal, Facebook. Perusahaan ini melakukan kerjasama dengan banyak influencer untuk meningkatkan kesadaran produk yang dibuatnya.

5. Inbound dan Outbound Marketing

Beriklan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran pada merk yang dibuat. Tetapi meskipun begitu, tidak semua iklan yang dibuat akan membawa dampak baik pada perusahaan. Pasalnya, tidak semua orang menyukai iklan yang dibuat.

Kamu dapat menggunakan teknik inbound marketing. Strategi ini berfokus pada pemasaran konten, media sosial, dan optimasi mesin pencari menggunakan prinsip SEO. Cara ini digunakan untuk membuat prospek pelanggan jangka panjang. Memadukan kedua jenis marketing akan membawa dampak yang baik pada merk kamu. Cara ini dapat dilakukan dengan membuat blog yang fokus pada optimasi mesin pencari. Hal ini merupakan strategi dari apa itu brand awareness untuk meningkatkan kesadaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel