Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP) beserta Fungsi, Tujuan, Langkah dan Contohnya.

SOP atau Standar Operasional Prosedur ini mungkin sudah tak asing baik bagi karyawan maupun pihak perusahaan. Umumnya, SOP ini merupakan suatu hal yang terkait dengan prosedur sebelum menjalankan sebuah kegiatan. Pada intinya, standar operasional prosedur ini ada supaya segala sesuatu dapat berjalan lancer serta efektif. Peraturan seperti ini bukan hanya soal bagaimana karyawan tersebut menyelesaikan pekerjaannya. Tetapi juga  dengan adanya Standar Operasional Prosedur ini apabila terjadi sebuah bencana, SOP apabila pegawainya izin, SOP apabila pegawai akan dipindahtugaskan.

Pengertian Sistem Operasional Prosedur.

Pengertian Standar Operasional Prosedur adalah  suatu rangkaian prosedur yang diadakan untuk meraih hasil sesuai dengan keinginan. Hal tersebut dapat dijadikan petunjuk untuk pegawai apabila hendak melaksanakan pekerjaan.

SOP
business man financial inspector and secretary making report, calculating or checking balance. Internal Revenue Service inspector checking document. Audit concept

Sejumlah ahli mengemukakan pendapat terkait apa itu Standar Operasional Prosedur. Namun, pada intinya SOP itu adalah suatu paduan sebelum menjalankan kegiatan  pihak perusahaan  demi mendapat hasil yang baik serta tidak bertententangan dengan hal apapun.

Fungsi dari Standar Operasional Prosedur.

Standar Operasional Prosedur tentunya memiliki berbagai fungsi yang harus diketahui. Apabila standar operasional prosedur ini tidak diterapkan oleh perusahaan maka akan membuat para pegawai ini menjadi bingung terkait hal apa yang harus dikerjakan, serta apa tanggung jawabnya..

Namun lain halnya jika Standar Operasiona Prosedur ini diterapkan, para pegawai dapat mngetahui apa tugasnya serta tanggung jawabnya. Selain itu, adanya sop ini bisa menjadi petunjuk sebelum melakukan pekerjaannya. Ini juga penting jika ada pegawai baru yang baru masuk, pegawai yang yang sudah lama hanya memberitahu apa saja lingkungan serta budaya kerja diperusahaannya.

Berikut ini adalah fungsi terkait SOP  yang harus diketahui:

1.Berfungsi untuk Petunjuk Kerja.

Standar Operasional Prosedur ini dapat berfungsi sebagai petunjuk ketika akan bekerja. Adanya SOP ini juga bisa mempermudah pegawai terkait operasional. Pada pentunjuk ini isinya adalah terkait langkah-langka h apa saja sebelum menjalankan tugasnya.paduan seperti ini akan berguna  menyokong pegawai dalam menjalankan serta menyelesaikan pekerjaannya.

Hal seperti ini akan membuat kinerja perusahaan akan mengalami peningkatan. Itu dikarenakan ditiap pekerjaannya menjadi terarah dengan baik.

Terkait hal tersebut, karyawandapat mengetahui terkait apa yang wajib dikerjakan, hak apa saja, serta apa tanggung jawabnya, stantar kerja seperti apa yang diinginkan perusahaan.

Peraturan ini bisa mempermudah perusahaan dalam meraih tujuannya. Disis lain dengan diterapkan standar operasional prosedur ini  perusahaan dapat membantu pegawainya bekerja dengan baik.

2. Landasan Hukum.

Selain pedoman atau petunjuk kerja, Lndasan Hukum ini juga merupakan fungsi yang kedua dalam penerapan SOP. Mengapa Begitu? Karena hal tersebut ada kaitannya dengan hak serta tanggung jawabnya.

Apabila suatu hari nanti ada yang melanggar aturan terkait standar operasional prosedur itu, maka pihak terkait akan mendapatkan hukuman yang sudah tertuang didalamnya.

3. Menyampaikan Informasi terkait Pekerjaan.

Didalam pengaplikasiannya, standar operasional prosedur merupakan segala langkah-langkah terkait pekerjaan. Petunjuk dari SOP ini tak Cuma persoaalan prosedurnya saja, tetapi juga tentang segala kemungkinan yang ada selama bekerja. Salah satunya adalah hambatan yang akan datang selama berlangsungnya pekerjaan.

Dengan begitu, standar operasional prosedur akan menentukan semua tahapan apabila terjadi hal tersebut.

4. Petunjuk Disiplin Bekerja.

Intinya isi dari standar operasional prosedur ini  ialah peratutan yang wajib diikuti oleh semua pihak terkait. Dalam peratuaran ini juga berisikan segala konsekuensi yang terjadi apabila terdapat ada yang melanggar. Manfaat berikutnya dari standar operasional prosedur ialah dapat menciptakan kerja yang disiplin.

Tujuan dari Standar Operasional Proedur.

Setelah membahas manfaat dari standar operasional prosedur, berikutnya adalah tujuan adanya standar operasional prosedur. Adanya peraturan ini mempunyai tujuan dalam hal pembuatan. Adapun sejumlah tujuan yang harus diketahui:

1. Tingkat Kesalahan bisa Diminimalisir.

Dengan diterapkannya standar operasional prosedur ini, diharapkan agar semua pihak dapat mengikuti pedoman serta memahami terkait apa yang harus dikerjakannya sehingga segala kesalahannya dapa diminimalisir sebaik mungkin.

baca juga berita berikut : https://hot.liputan6.com/read/4478754/ketahui-kepanjangan-sop-dan-simak-manfaat-fungsi-serta-tujuannya

2. Para Pegawai dapat Mengetahui terkait Pekerjaannya Dengan Mudah.

Tujuan dari standar operasional prosedur berikutnya adalah mengetahui apa yang akan dikerjakannya. Sebenarnya pembahasan yang kedua ini masih terkait dengan meminimalisir kesalahan seperti tujuan yang pertama. Tetapi untuk mengurangi kesalahan, para pegawai diminta agar memahami setiap tugas yang akan dikerjakannya. Hal seperti itu bukan tak mungkin  bisa mengurangi tingkat kesalahan aga apa yang dituju oleh perusahaan bisa sesuai.

3. Kemudahan dalam Beradaptasi  bagi Pegawai Baru.

Paduan seperti ini bisa membuat pegawai baru langsung mengetahui apa yang sudah menjadi hak dan tanggung jawabnya. Selain itu, pegawai baru bisa lebih mudah memahami detail tugas yang harus dikerjakan.

4. Target Perusahaan Dapat Tercapai.

Dengan diterapkannya standar operasional perusahaan, target yang diinginkan oleh perusahaan dapat tercapai dari yang sudah ditetapkan sebelumnya. Petunjuk ini isinya adalah bagaimana cara kerja dengan efisien serta efektif.

Dan ini menjadi salah satu tujuan adanya standar operasional prosedur untuk mencapai target yang diinginkan perusahaan.

Manfaat adanya Standar Operasional Prosedur.

Setiap perusahaan wajib menerapkan standar operasional prosedur. Karena adanya penerapan SOP ini juga memiliki manfaat. Manfaat yang paling utama adalah untuk menyerahkan paduan lewat tulisan tentang kewajiban apa yang harus dilakukannya. Diantaranya adalah:

1. Bisa Naikan Reputasi.

2. Menjadikan SOP sebagai Pedoman Kerja.

3. Menjaga Identitas Perusahaan.

4. Menetapkan Peraturan yang jelas.

Itulah pembahasan mengenai standar operasional prosedur. Pada intinya, menerapkan SOP merupakan hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan. Jadi sebelum melakukan pekerjaannya ada baiknya membaca SOP sesuai dengan pekerjaannya masing-masing.. Manfaat dan tujan dari standar operasional perusahaan ini seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel