Konsep Digital Marketing yang dapat Meningkatkan Penjualan

 Konsep digital marketing adalah pemasaran produk dengan membuat konten dan menyebarluaskannya melalui media social. Tujuan digital marketing adalah agar produk tersebut dikenal oleh banyak orang sehingga meningkatkan kesempatan penjualan.

Media social dapat Kamu gunakan untuk sarana pemasaran produk. Ada yang berbayar namun banyak juga yang gratisan atau organic. Hal yang paling penting diperhatikan sebelum memulainya adalah paham mengenai target sasaran dan melakukan evaluasi secara berkala.

Konsep Digital Marketing
Konsep Asian businessman turn off computer and say goodbye his colleague who still working when he get off work after finish working overtime in small modern home office night. Coworker partnership concept.

Berbagai kelebihan digital marketing adalah Kamu dapat melakukan pemasaran dengan lebih cepat, karena jangkauan yang lebih luas. Selain itu, pemasaran lewat digital marketing dapat meningkatkan brand awareness serta lebih memudahkan kamu untuk melakukan pengukuran hasil yang diperoleh.

Kelebihan dari Konsep Digital Marketing

Dengan semakin canggihnya teknologi, digital marketing menawarkan berbagai kelebihan seperti jangkauan pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah dan efektivitas yang lebih terukur.

1. Biaya Lebih Terjangkau

Promosi melalui konsep digital marketing memungkinkan kamu menjangkau konsumen yang lebih luas dengan harga yang lebih murah dibandingkan media lainnya, salah satu contohnya melalui website.

Website dapat diakses oleh orang di seluruh dunia pada satu waktu yang sama. Namun agar diakses oleh orang yang tepat, kamu harus pintar dalam menetapkan target pembaca.

Selain itu kamu juga dapat menerapkan SEO atau Search Engine Optimization yakni dengan membuat konten yang sesuai dengan jumlah pencarian terbanyak. Dengan cara tersebut, produk kamu akan lebih menyasar target market dan luas promosinya.

Lebih sesuai Target Pasar

Sebelum membeli atau menggunakan produk tertentu, konsumen pasti membutuhkan informasi mengenai produk tersebut. Produk yang sesuai dengan target marketnya pasti memiliki penjualan yang lebih tinggi.

Melalui konsep digital marketing menggunakan media social seperti Facebook atau Instagram, kamu dapat menentukan target market dengan lebih spesifik. Kamu dapat memilih agar postingan tersebut dibaca oleh orang yang tinggal di lokasi tertentu, gender tertentu, range umur tertentu, interest tertentu dll.

Semakin sesuai produk kamu dengan kebutuhan pembaca maka kemungkinan produk tersebut terjual akan semakin besar.

Mempermudah Hubungan dengan Konsumen

Menjaga hubungan baik dengan konsumen wajib dilakukan agar konsumen menjadi pelanggan loyal dan melakukan pembelian ulang. Konsumen yang loyal dapat juga merekomendasikan produk tersebut kepada orang yang ada di sekitarnya.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah dengan selalu melakukan update terkait produk terbaru, memberikan hadiah giveaway, memberikan pengetahuan dan informasi terkini yang sesuai.

Dapat Diukur Efektivitasnya

Melalui konsep digital marketing, Kamu dapat mengetahui efektivitas promosi yang dilakukan. Seperti kamu dapat melihat jumlah orang yang melihat atau membaca, profil pengunjung, jumlah pengunjung yang berminat serta melakukan aksi dll.

Baca juga : Daftar Skill Seorang Digital Marketing Yang Wajib Dikuasai

Tantangan dalam Dunia Digital Marketing

Selain memiliki sejumlah keunggulan, digital marketing juga memiliki sejumlah tantangan seperti investasi waktu dan biaya, serta complain pelanggan yang dapat menyebar dengan cepat.

1. Investasi Waktu dan Biaya

Tantangan ini utamanya kamu temukan pada platform iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Google Ads. Namun kamu harus melakukan banyak percobaan agar menemukan strategi yang tepat.

Namun bila kamu sudah menemukan polanya, keuntungan yang diperoleh lewat konsep digital marketing lebih besar dan dalam waktu singkat dan mudah mereplikasinya. Hal ini dikarenakan ada banyak parameter yang perlu diatur untuk mendapatkan target market yang tepat.

Peluang Kritik Pelanggan

Informasi yang menyebar dengan cepat adalah tantangan bila itu berkaitan dengan kritik pelanggan. Sehingga Kamu harus memberikan pelayanan prima sepanjang waktu.

Beberapa Media dalam Digital Marketing

Kamu dapat memanfaatkan beragam media untuk melakukan promosi, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Beberapa di antaranya adalah media social seperti Facebook, Instagram, Youtube, Iklan berbayar, Website dll.

1. Website Perusahaan

Media konsep digital marketing pertama website adalah wadah yang sesuai untuk menampilkan profil perusahaan meliputi informasi produk, pengalaman, penghargaan dll. Jangkauan website sangat luas dan biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau bila dibandingkan dengan jangkauannya.

Perawatan website juga cukup mudah, yakni Kamu hanya tinggal memposting sekali. Postingan tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kamu dapat mengupdate informasi bila ada perubahan.

Search Engine Marketing

Konsep digital marketing dapat kamu terapkan menggunakan bantuan iklan agar postingan atau website kamu berada di laman teratas daftar pencarian Google. Namun bila kamu ingin gratis, ada strategi SEO atau Search Engine Optimization yang dapat diterapkan.

SEO memanfaatkan kata kunci pencarian dengan kata kunci yang terdapat pada artikel di website Kamu. Semakin tinggi tingkat kecocokannya maka website Kamu akan berada di urutan tas daftar pencarian.

Sosial Media

Promosi melalui media social saat ini sangat banyak dilakukan, karena hampir setiap orang memiliki akun media social. Selain itu, Kamu dapat memilih target yang membaca postingan kamu.

Yaitu dengan mengatur target market meliputi gender, usia, minat, lokasi tinggal dll. Kamu juga dapat memasukkan tombol action seperti menelepon atau memesan produk yang ditawarkan.

Email Marketing

Email juga salah satu media dalam konsep digital marketing yang dapat kamu gunakan untuk memberikan informasi update. Penggunaan email marketing juga terbukti dapat meningkatkan jumlah pengunjung di website Kamu.

Video Marketing

Video dapat menarik minat pengunjung untuk membeli produk kamu. Karena pengunjung dapat melihat dengan jelas serta dapat membayangkan fungsi produk Kamu. Salah satu platform yang dapat Kamu gunakan untuk mengupload video promosi adalah Youtube.

Kamu dapat membuat video promosi mengenai review produk atau informasi penting yang berhubungan dengan produk tersebut. Sangat banyak konsumen yang akhirnya tertarik membeli karena melihat penjelasan yang meyakinkan dari Youtube.

Teknologi digital marketing dapat Kkamu gunakan untuk meningkatkan penjualan. Yakni dengan memperluas jangkauan pemasaran sehingga meningkatkan brand awareness dan peluang terjadinya penjualan. Salah satu yang sebaiknya kamu terapkan dan kuasai adalah konsep digital marketing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel