Intip 5 Cara Jualan Online Biar Laku Keras

 

Intip-5-Cara-Jualan-Online-Biar-Laku-Keras

Pasang surut bisnis online adalah hal biasa di dalam dunia bisnis. Maka tak heran, ada banyak kasus di mana para pelaku bisnis online harus menyerah di tengah jalan. Bisnis online yang mampu bertahan biasanya yang mampu bersaing dengan kompetitor dan bisa menjual banyak barang alias laku keras. 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis jualan online, harus memperhatikan beberapa hal terlebih dulu. Agar bisnis Anda jadi bisnis yang menguntungkan. Intip 5 cara jualan online biar laku keras berikut ini.

5 Cara Jualan Online Biar Laku Keras

Menentukan Barang yang Akan Dijual

Poin yang paling utama adalah Anda harus tahu terlebih dulu, barang apa yang akan Anda jual. Ini penting karena nantinya akan berkaitan dengan target pasar, teknik penjualan, dan lain-lain. Jika Anda ingin menjadi reseller, Anda bisa membeli barang-barang terlaris di marketplace. Tidak hanya akan menjadikan jualan online Anda laku keras, tapi juga bisa Anda jual lagi di media sosial lainnya.

Cari Nilai Barang yang Dijual

Setelah menentukan barang apa yang akan Anda jual, saatnya mencari nilai/keunikan dari barang tersebut. Misalnya, hijab yang Anda jual lebih unggul dibanding kompetitor, karena menggunakan bahan organik. Anda hanya perlu fokus untuk menonjolkan keunikan yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda.

Promosikan Barang

Mempromosikan jualan online bisa menggunakan beberapa cara. Misalnya:


  1. Lewat Website

Buat website khusus untuk barang jualan Anda. Meski terbilang lebih rumit, memiliki website pribadi akan sukses mengenalkan brand/merek barang Anda. Selain itu juga lebih minim persaingan.

  1. Lewat Marketplace

Marketplace merupakan wadah yang tepat bagi Anda untuk lebih mudah menawarkan barang. Anda pun bisa lebih mudah untuk menjaring pembeli. Tapi ingat, persaingan di marketplace termasuk tinggi. Jadi, Anda harus lebih sering mempromosikan toko atau barang jualan online Anda, ya!

  1. Lewat Media Sosial

Nah, media sosial di sini bisa mencakup Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. Manfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk mempromosikan jualan Anda ke tetangga, rekan kerja, atau pembeli lain dengan lingkup yang lebih luas.


Pakai Teknik Content Marketing

Apa itu content marketing? Content marketing merupakan salah satu strategi promosi yang fokus pada konten. Konten di sini merupakan isi dari promosi yang bersifat penting, relevan, dan mampu menarik banyak pembeli. Jadi, meski barang yang Anda jual mirip atau bahkan sama dengan kompetitor, barang Anda tetap lebih dicari. Beberapa strategi dari content marketing, antara lain:

  • Membuat tampilan feed yang menarik di media sosial

  • Menyesuaikan video/foto dengan penjelasan yang menarik

  • Buat blog di website toko online, dan isi dengan artikel-artikel yang up to date

Penjualan dari Mulut ke Mulut

Coba posisikan diri Anda sebagai pembeli! Maka Anda pasti akan lebih memilih barang dengan review yang baik, bukan? Pentingnya menyediakan kolom review atau testimoni dari pembeli adalah agar ada penilaian yang jujur dan original. Dari sanalah, barang Anda pun secara tidak langsung sudah dipromosikan dari mulut ke mulut. Anda juga bisa memperbaiki berbagai kekurangan dari hasil review yang ada.

Berjualan online memang merupakan salah satu cara berbisnis yang menyenangkan sekaligus juga perlu ketekunan. Jadi, jika Anda sudah berkomitmen untuk menjalankannya, lakukan dengan serius dan jangan mudah putus asa. Selamat mencoba!

0 Response to "Intip 5 Cara Jualan Online Biar Laku Keras"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel