Tutorial Mudah Membuat Akun Bisnis Di Instagram

 

Tutorial-Mudah-Membuat-Akun-Bisnis-Di-Instagram

Dewasa ini,  mempromosikan bisnis di sosial media dianggap jauh lebih efektif dibanding cara konvensional. Salah satu media sosial yang sering digunakan untuk memasarkan produk adalah Instagram.

Pada awal kemunculannya, Instagram hanya berupa wadah untuk mengabadikan momen-momen atau sebagai album digital. Seiring dengan berjalan waktu, kini banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha. Tepat di bulan Mei 2016 lalu, Instagram telah merilis fitur Instagram for business. Sebagai salah satu media sosial yang cukup populer, Instagram digadang-gadang dapat memberikan pengaruh besar kepada perkembangan bisnis.

Lantas bagaimana membuat akun bisnis di Instagram?

Panduan Membuat Akun Bisnis Instagram

Untuk membuat akun bisnis Instagram caranya cukup mudah, berikut langkah-langkah yang dapat dicoba :

  1. Pertama-tama, silakan mengunduh aplikasi Instagram dari Play Store atau App Store. Selanjutnya pasang dan buka aplikasi tersebut di ponsel pintarmu.
  2. Pilih “Sign Up”, masukkan alamat email yang aktif lalu klik “Next”. Selain menggunakan email Kamu juga bisa mendaftar menggunakan akun FB. karena Instagram telah diakuisisi oleh facebook.
  3. Setelah berhasil masuk, silakan pilih menu “Setting” yang terletak di bagian pojok kanan atas.  Klik “Account
  4. Jika ingin membuat akun bisnis, klik “Switch to Business Account”. Agar proses dapat berlanjut, Kamu harus klik “Continue” dan pilihlah jenis bisnis yang sedang Kamu jalankan. Apakah itu termasuk  Personal blog, Product/ service, Local business atau lainnya.
  5. Berikutnya , Klik “Next” dan Instagram akan mengirim konfirmasi melalui email demi memastikan apakah alamat email dan nomor telepon yang dicantumkan benar. 
  6. Selanjutnya, instagram akan meminta untuk menyambungkan profil bisnis ke laman facebook. Cara ini akan memberikan keuntungan berlipat, karena Kamu dapat melakukan promosi pada dua platform sekaligus. Namun jika tidak mempunyai akun FB, klik pilihan “Don't connect to Facebook”.
  7. Sekarang akun bisnis Instagram Kamu sudah dapat dimanfaatkan. Optimalkan promosi melalui Instagram Stories dan Instagram TV agar lebih menarik banyak pelanggan.
  8. Kamu juga bisa menambahkan Instagram Ads. Gunanya untuk meningkatkan traffic web, brand exposure dan sebagainya. 81% pengguna aktif Instagram menyebutkan bahwa mereka tertarik bertransaksi setelah melihat iklan di news feed.

Mudah, bukan?

Tips Optimalkan Penjualan Melalui Akun Instagram Bisnis

Perhatikan beberapa hal berikut ini untuk mengoptimalkan akun bisnis instagram, antara lain:

      Menggunakan Username dan Bio yang jelas dan mendetail tentang produk/ jasa yang ditawarkan

      Gunakan profil photo instagram dengan logo perusahaan bisnis demi meningkatkan Brand Awareness.

      Follow akun instagram bisnis lainnya, baik yang relevan atau tidak. Kamu juga bisa meninggalkan jejak di komentar akun-akun tersebut. Tapi jangan berupa spam atau mengganggu.

      Pertahan presence di Instagram, jika perlu buatlah jadwal terstruktur kapan harus posting video atau foto. Minimal satu kali per hari, jangan lebih dari itu untuk mengantisipasi kejenuhan follower.  Kamu juga bisa me-repost foto akun instagram lain yang relevan.

      Gunakan strategi konten marketing, seperti :

a.     Waktu posting konten terjadwal secara rutin namun tidak berlebihan

b.     Konten bertema berbeda agar pelanggan tidak bosan

c.     Tentukan ciri khas dari setiap postingan konten , misalnya menyematkan emoji, pemilihan gaya bahasa yang digunakan sebagai caption dan sebagainya.

      Gunakan branded hashtags untuk merepresentasikan merek bisnis Kamu

      Jangan meremehkan caption, karena di dalam setiap kalimatnya mengandung kisah yang menceritakan produk tersebut.

      Manfaatkan instagram story untuk membantu optimalkan promosi.

      Bekerjasama dengan selebgram atau influencer melalui sistem endorsement.

Jadi, coba ikuti panduan dan tips di atas demi memaksimalkan strategi marketing Instagram. Semoga berhasil!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel