Pastikan Perusahaan Anda Tahu Cara Efektif Seorang Digital Marketing Bekerja untuk Anda

 Semua orang bisa bekerja sebagai digital marketing, tetapi tidak semua orang bisa bekerja sebagai profesi tersebut dengan maksimal. Karena untuk menjadi seorang digital marketing handal anda mesti memiliki beberapa kemampuan dasar.

seorang-digital-marketing-dalam-bekerja
Marketing Ideas Share Research Planning Concept

Pernyataan diatas memang benar tetapi juga bukan 100 persen benar, karena pekerjaan digital marketing  itupun bersifat fleksible. Sehingga perlu pemahaman yang lebih jelas seperti apa sebenarnya profesi tersebut.Bagaimana kita bisa mengukur apakah dia sudah bekerja secara optimal atau belum dengan tools dan kemampuan yang di milikinya.

Sekadar menjelasan perspektif dasar dari profesi digital marketing.  Ini sebenarnya ada dua kata yang akhirnya tergabung menjadi satu kata, yaitu kata marketing sebagai kata utama sebenarnya. Sedangkan digital adalah kata kedua yang menunjukkan konsep atau cara bekerja dari seorang marketing tadi.

Apakah Seorang Digital Marketing itu Marketing?

Sejatinya seorang digital marketing adalah bukan hanya berkutat di teknologi, tetapi sebaiknya seorang digital marketing adalah seorang sales atau marketing juga. Kita tahu seorang marketing memiliki tugas dan  tanggung jawab cukup beragam. Dimana salah satunya adalah pekerjaan  yang berhubungan dengan bidang promosi atau mempromosikan sebuah produk. Nah disinilah sebenarnya peran dari digital marketing  tadi. Sebuah aktivitas marketing dengan menggunakan tools yang berbentuk digital. Sehingga untuk memudahkannya orang menyebut digital marketing.

Baca juga : Keunggulan Digital Marketing untuk Usaha Masa Kini

Secara umum kita bisa katakan bahwa seorang marketing harus bisa membuat sebuah produk memiliki atau bisa berkomunikasi secara efektif dengan target marketnya. Kenapa toolsnya lebih mudah menggunakan media sosial itu lebih karena setiap orang sudah pasti memiliki media sosial untuk dirinya bisa berkomunikasi. Sehingga salah satu tugas  yang  harus di jalankan  oleh seorang digital marketing adalah bertanggung jawab terkait dengan program branding dari sebuah produk yang sedang dipasarkan.

Karena konsep bekerjanya itulah, maka seorang marketing digital  di dalam bekerja sudah pasti akan menggunakan media untuk berkomunikasi. Medianya bisa bermacam-mcam dari mulai e-mail, website bloq hingga media sosial. Kesemua alat atau tools   itu semua harus terintegrasi satu dengan lainnya sehingga konsep kerja yang di jalankan oleh seorang marketing jelas memiliki target dan tujuan seperti apa yang di harapkan perusahaan.

Jika salah satu dari tools tadi tidak terintegrasi maka proses kerjanya bisa berjalan 2x. Tetapi bagi anda yang masih bingung seperti apa sebaiknya cara mengintegrasikan semua hal yang telah dijelaskan diatas tadi bisa berkomunikasi dengan FR Consultant Indonesia. Ada keistimewaan yang bisa anda dapatkan ketika anda berkomunikasi, karena anda akan tahu cara terbaik melakukannya. Mengingat perusahaan tersebut sudah pasti juga telah membuatkan sistem untuk perusahaan lain. Sehingga anda kan bisa mendapatkan  perbandingan konsep terbaik seperti apa yang telah di buatkannya selama ini untuk keperluan perusahaan.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Profesional Digital Marketing

Bila anda  ingin melakukan analisa lebih jauh seperti apa konsep bekerja dan bertugasnya digital marketing. Maka anda juga bisa melihat dari beberapa referensi yang ada dari posisi digital marketing yang sudah ada di market. Setidaknya dari beberapa masukan yang mungkin bisa anda dapatkan, kita akan bisa tahu sebenarnya apa tugas dan  tanggung jawab yang mesti mereka berikan kepada perusahaan.

Karena untuk sebuah perusahaan yang menggunakan tools teknologi kita sudah bisa membuatkan tiap  karyawan apa yang di sebut KPI ( Key Performance Indikator) dari sebuah bidang pekerjaan. Untuk digital marketing sendiri secara  garis besar perannya adalah :

Tugas dan Tanggung Jawab Digital Marketing

Seorang marketing digital memiliki tugas dan tanggung jawab dalam hal yang berhubungan dengan masalah pemasaran produk serta bagaimana sebuah produk bisa anda lakukan branding secara efektif. Tujuannya tetap membuat target market menjadi tahu bahwa produk yang kita pasarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Insting dan Feeling Digital Marketing

Seorang marketing digital juga harus memiliki insting dan felling yang bagus terkait metode promosi dan media sosial apa yang pas untuk di gunakan. Sehingga hal itu bisa membantu pada saat memasarkan produknya. Dimana channel promosi yang di gunakan adalah yang berhubungan dengan media sosial.

Melakukan Perencanaan dan implementasi Digital Marketing

Seorang digital marketing harus mampu merencanakan dan menjalankan sebuak aktivitas dari konsep campaign  bidang marketing dari produk yang akan di pasarkan.  Dimana channelnya sudah pasti harus menggunakan media sosial yang banyak di gunakan oleh target produk market.

Distribusikan Konten Digital Marketing

Seorang digital marketing harus mampu mendistribusikan semua materi promosi sesuai dengan bidang  promosi yang akan di gunakan oleh perusahaan. Karena sebaik baik content adalah yang bisa mengisi ruang informasi dari beberapa media promosi atau media khusus yang berhubungan dengan produk  yang anda pasarkan.

Membaca Data Analytic

Seorang marketing digital harus mampu secara maksimal melakukan engagement dari kondisi yang ada pada pelanggan atau customer dari produk  yang sedang di pasarkan. 

Dimana cara yang biasa di lakukan adalah dengan menggunakan media seperti content pada media sosial yang sesuai dengan karakter dari produk yang anda pasarkan.

Digital marketing secara personal harus bisa melakukan peningkatan peringkat materi promosi dari sebuah media. Misalnya menjadikan website perusahaan berada di posisi satu atau posisi teratas.

Itulah beberapa hal yang mesti anda perhatian dan persiapkan dalam anda menjadikan diri anda seorang marketing digital yang handal. Karena sehebat dan seprofesional anda dalam menjalankan profesi sebagai digital marketing tidak akan di katakan sukses. jika pada akhirnya produk yang anda aktivitasi tidak mengalami peningkatan penjualan secara signifikant.

Karena kesuksesan digital marketing sejatinya bisa di nilai tidak hanya dengan menggunakan KPI atau alat menilai yang bersifat teknologi. Tetapi anda sebagai pemilik bisnis atau perusahaan, akan  lebih mudah menilai mereka yang bekerja sebagai seorang digital marketing dengan melihat peningkatan penjualan produk yang sedang di  pasarkan oleh perusahaan. Itu ukuran  yang paling pas untuk melihat kinerja dari seorang digital marketing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel