Peran Akuntansi Dalam Berbisnis!

 Peran Akuntansi Dalam Berbisnis!

Dalam dunia bisnis ada yang namanya bahasa bisnis, dan akuntansi adalah salah satu keilmuan yang mendapatkan gelar tersebut. Pada umumnya, pengusaha yang baru merintis usaha, akan selalu memikirkan tentang produk yang dijualnya. Atau, pemasaran produk dan layanan yang ingin digencarkan. Karena pengusaha pemula, tak jarang menjalani bisnis karena tergiur dengan penghasilan yang bisa dia dapatkan.

Lalu, karena terlalu sibuk memikirkan tentang pemasukan dan pemasaran, guna meraih pendapatan maksimal. Maka si pengusaha pemula tiba-tiba lupa melakukan pencatatan dan evaluasi keuangan. Di sinilah masalah bisa tiba-tiba muncul. Bisnis yang berjalan tanpa adanya evaluasi keuangan secara berkala, cermat dan intens, dapat berpeluang terjerumus kepada kegagalan.

Karena pada dasarnya, bisnis bukan perkara hanya mencari untung.

Untuk menghindari kebuntungan usaha inilah, akuntansi muncul.

Di tulisan kali ini Anda akan mengetahui tentang:

  1. Akuntansi adalah?
  2. Apa saja Proses Kerja yang termasuk dalam Akuntansi?
  3. Peran akuntansi dalam bisnis Anda?
  4. Bagaimana Software Akuntansi bisa membantu bisnis Anda?

Akuntansi adalah?

Sekarang mari kita bahas secara lebih rinci tentang akuntansi. Secara umum, akuntansi bisa diartikan sebagai suatu keilmuan yang mengkhususkan diri pada proses mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta melakukan pencatatan yang berhubungan dengan ekonomi atau pun keuangan. Baik keuangan pribadi, terlebih untuk keuangan sebuah perusahaan.

Ikuti media sosial FR Consultant Indonesia untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis dan Digital Marketing, Keuangan beserta Perpajakan.

Hasil dari pendataan tersebut, yang kemudian akan dapat digunakan oleh para ahli demi melakukan evaluasi atau proyeksi untuk mengambil suatu keputusan. Baik di skala perusahaan, mau pun ekonomi negara.

Ahli yang terampil dalam keilmuan akuntansi ini kemudian disebut sebagai Akuntan.

Akuntansi juga berperan penting dalam menyediakan informasi yang selanjutnya dapat digunakan oleh para pelaku manajemen perusahaan, para investor, kreditor, dan bahkan regulator dari pemerintah. Sekarang ini teknologi telah berkembang sedemikian rupa, sehngga akuntansi telah bisa diterapkan dalam suatu sistem teknologi. Yang kemudian dinamakan Software Akuntansi.

Akuntansi adalah

Akuntansi menurut para Ahli:

Sementara, dikutip dari jurnal.id, akuntansi juga mendapatkan beberapa penjabaran menurut para ahli. Apa saja sih penjabarannya? Berikut di antaranya:

  • Warren dkk (2005:10)

Apa itu akuntansi? Secara umum, akuntansi atau accounting adalah sebuah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

  • Soemarsono S.R (2004)

Definisi akuntansi atau accounting adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang memakai informasi tersebut.

  • Paul Grady

Apa itu akuntansi? Menurut Paul Grady, akuntansi adalah tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis. Autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa. Menginterpretasi semua transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas accounting. Dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan. Dan, pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

  • Winarno (2006)

Akuntansi ialah suatu proses mencatat transaksi keuangan dan mengolah data transaksi dan menyajikan sebuah informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.

  • Bastian dan Suharjono (2006)

Menurut Committee on Terminology of The American Institute of Certified Public Accountants dalam buku Bastian dan Suharjono (2006). Pengertian asuransi adalah seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan transaksi. Serta peristiwa yang sifatnya keuangan dengan suatu cara yang bermakna, dan dalam satuan uang serta menginvestasikan hasil-hasilnya.

  • Financial Accounting Standars Board (FASB)

Menyatakan bahwa akuntansi ialah sebuah kegiatan jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian dipakai untuk pengambilan keputusan ekonomi.

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Akuntansi adalah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua aktivitasnya. Hal yang berhubungan dengan akuntan; seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat sebuah transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Baca juga : Omnichannel sebagai strategi usaha retail Anda.

Apa saja Proses Kerja di Dalam Akuntansi?

Sekarang Anda pasti sudah bisa mengambil gambaran besar tentang peran akuntansi untuk dunia usaha. Selanjutnya adalah memahami proses kerja yang pasti ada dalam disiplin Akuntansi. Tanpa adanya proses kerja ini, Akuntansi otomatis tidak akan bisa berjalan sebagaimana harusnya.

1. Melakukan Pencatatan

Proses kerja paling pertama yang dimiliki akuntansi adalah melakukan pencatatan. Atau, mencatat. Lalu, apa yang dicatat? Yang dicatat adalah berbagai bentuk transaksi keuangan yang terjadi. Proses pencatatan ini juga sering disebut sebagai pembukuan. Pembukuan adalah salah satu proses kerja yang rumit, karena membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam prosesnya.

Semakin besar sebuah bisnis terbentuk, otomatis proses pembukuan yang dilakukan bisa jadi semakin rumit dan membutuhkan energi ekstra untuk mengerjakannya. Itu sebabnya, terkadang ada pengusaha yang memiliki menyewa jasa pembukuan untuk melakukan pekerjaan ini.

2. Melakukan Peringkasan

Sering kali, data hasil pencatatan transaksi bisa dianggap sebagai data mentah. Dan, kerap tidak dianggap penting. Atau, katakanlah data tersebut belum bisa digunakan oleh manajemen atau investor, untuk menetapkan suatu keputusan terhadap perusahaan tersebut.

Nah, ini adalah tugas selanjutnya dari seorang akuntan. Akuntan yang bertugas harus mengolah data mentah tersebut, membaginya menjadi beberapa kategori, dan menterjemahkannya. Kalau sebelumnya prosesnya mencatat semua bentuk transaksi yang terjadi, selanjutnya adalah meringkasnya.

3. Membentuk Laporan

Data mentah telah diolah. Kemudian disortir atau diringkas. Setelah melalui proses itu, maka selanjutnya adalah proses kerja pelaporan. Atau, membentuk laporan. Laporan ini yang nantinya akan diberikan kepada pihak petinggi perusahaan, termasuk para pemilik.

Akuntansi adalah

Laporan ini bisa berbentuk laporan bulanan. Ada pula laporan tahunan. Melalui laporan ini, pemilik usaha dapat melakukan evaluasi terkait kinerja perusahaan.

4. Melakukan Analisa

Dimulai dari pencatatan, lalu peringkasan data, sampai akhirnya menghasilkan laporan bulanan dan tahunan. Selanjutnya proses terakhir yang juga menjadi tugas seorang Akuntan adalah melakukan analisa laporan tersebut. Pihak manajemen atau pun pemilik biasanya akan terlibat. Mereka akan memeriksa nilai positif dan negatif dari laporan tersebut.

Sementara para Akuntan akan melakukan konsep perbandingan. Pemilik akan dapat melihat hasil perbandingan mulai dari performa penjualan, laba rugi, ekuitas, dan nilai-nilai lainnya. Hasil perbandingan ini akan menjadi media evaluasi untuk menentukan strategi perusahaan ke depannya. Juga, melihat apakah performa perusahaan berjalan baik, atau tidak.

Peran Akuntansi Dalam Bisnis Anda

Sekarang Anda pasti sudah bisa memahami betapa pentingnya Akuntansi bagi sebuah sistem bisnis. Pada akhirnya, peran Akuntansi adalah untuk memberikan laporan atau pendataan yang akurat terkait performa atau pun masalah keuangan perusahaan.

Laporan keuangan yang diproses para Akuntan dapat juga menjadi bahan pertimbangan bagi para investor, untuk berpikir apakah mereka bersedia invest di perusahaan Anda atau tidak. Akuntansi akan memberikan Anda pemahaman apakah bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan sedang untung, atau justru tengah mengalami kerugian. Anda pun bisa melakukan penyidikan terkait masalah keuangan yang mungkin terjadi. Dengan membaca laporan keuangan, Anda bahkan bisa mendeteksi kecurangan yang seandainya dilakukan oleh karyawan di perusahaan.

Menerapkan teknologi aplikasi kasir untuk usaha Anda bisa juga menjadi inovasi baik untuk penjualan produk bisnis Anda. Anda bisa mencoba tentang sistem iSeller yang mendukung konsep omni-channel dalam dunia usaha.

Dengan ini, maka bisa disimpulkan bahwa akuntansi atau accounting, berperan untuk mencatat setiap bentuk transaksi keuangan yang terjadi di dalam sebuah bisnis. Lalu mengolahnya, dan menyimpulkannya dalam bentuk laporan keuangan yang bisa dibaca oleh pemilik perusahaan terkait kinerja perusahaannya.

Bagamana Software Akuntansi dapat Membantu Anda?

Setelah sejauh ini, Anda telah semakin paham peran akuntansi. Pekerjaan tersebut memang tidak mudah, karena para akuntan harus bekerja ekstra keras dan teliti dalam upaya mengerjakan laporan keuangan perusahaan Anda. Untungnya, di era modern seperti sekarang, komputerisasi telah membantu menerapkan inovasi pada akuntansi dan menciptakan software akuntansi.

Software Akuntansi

Bagi Anda yang bagaimana software akuntansi dapat membantu Anda mengelola keuangan? Anda bisa membacanya lebih dalam pada artikel di bawah ini:

Baca juga : Tips Mengelola Keuangan Usaha Dengan Software Akuntansi

Anda bisa juga menghubungi kami untuk implementasi software akuntansi dalam sistem operasional bisnis Anda. Anda dapat pula menggunakan jasa konsultan bisnis milik FR Consultant Indonesia untuk menyelesaikan berbagai masalah usaha. Kami juga berperan sebagai penyedia jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan untuk usaha.

Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991. (fr)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel