Apa Saja Kunci Sukses Pelaku UMKM? Cek di sini!

Bisnis UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah memang sudah mendapat tempat tersendiri di tengah persaingan pasar. Bahkan, saat ini sektor UMKM mampu memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia, lho

Meski termasuk dalam jenis bisnis dengan modal, sistem manajemen, dan jumlah pelanggan yang tidak besar, UMKM ternyata butuh tenaga-tenaga yang multiskill. Sehingga, UMKM akan terus bisa survive dan konsisten. Untuk mewujudkan hal tersebut, selain dengan keberadaan karyawan dengan skill yang mumpuni, ada hal-hal lain yang bisa menjadi kunci. 

Yup, berikut kunci sukses pelaku UMKM yang patut Anda ketahui.

6 Kunci Sukses Bagi Para Pelaku UMKM

Punya Passion Berwirausaha

Tidak akan berjalan suatu bisnis jika Anda tidak memiliki passion untuk berwirausaha. Begitu pun di sektor UMKM, passion adalah hal utama yang harus Anda miliki terlebih dulu. Passion atau minat nantinya akan terus berkembang menjadi motivasi, yang akan membawa bisnis Anda menuju tangga kesuksesan. Motivasi ini nantinya berkaitan dengan inovasi, serta mampu memberikan kepuasan pada pembeli.


Melakukan Promosi

Nah, ketika passion yang melahirkan motivasi serta inovasi sudah terbentuk, maka segera rancang skema promosi yang akan Anda lakukan. Pengaruh dari melakukan promosi bagi UMKM tentu akan sangat besar dampaknya. Misalnya, bisa mengubah perilaku masyarakat, dari tidak mengenal menjadi tahu dan kenal akan produk/jasa yang ditawarkan. Berikut beberapa cara untuk mempromosikan produk UMKM:

  • Melalui media sosial

  • Melalui event-event

  • Melalui event dari sponsorship

  • Melalui strategi word-of-mouth (mulut ke mulut)

  • Melalui fitur delivery order


Membangun Branding (Merek)

Branding (merek) adalah poin penting untuk sebuah bisnis, begitu pun untuk UMKM. Membangun branding diperlukan untuk menciptakan orisinalitas, kualitas, inovasi, serta bagian dari meningkatkan pertumbuhan usaha. Branding yang kuat diharapkan mampu bersaing di tengah era ekonomi saat ini.


Membentuk Jaringan Bisnis

Pelaku UMKM perlu membentuk jaringan bisnis yang baik. Caranya? Menciptakan komunikasi yang baik dengan aturan organisasi, kerja sama antaranggota, dengan para pemasok, dan perusahaan lain yang berkaitan dengan UMKM tersebut.


Berani Masuk dalam Pasar Digital

Berani terjun ke dunia bisnis, berarti harus berani mengambil setiap risiko. Seperti yang terjadi di tengah pergeseran era ekonomi saat ini. Di mana pasar pun ikut bergeser ke arah ekonomi kreatif dan pasar digital. Sebagai pelaku UMKM milenial, Anda tentu harus berani untuk masuk dalam pasar digital ini. Tentunya, agar terjadi persaingan yang modern di antara pelaku pasar. Apa contohnya? Misalnya, berani masuk ke industri e-commerce.


Pantang Menyerah dan Bertekad Kuat

Bicara tentang UMKM kini adalah tentang keberadaan industri kreatif yang memang membutuhkan kehadiran pebisnis-pebisnis muda. Meski harus lebih giat di tengah generasi serba instan ini, Anda harus terus bertekad kuat dan pantang menyerah. Jadikan bisnis UMKM Anda tiket masuk dalam pasar internasional. Banggalah dengan jatuh bangun yang Anda lalui saat ini, untuk kesuksesan di masa yang akan datang.

Apa-Saja-Kunci-Sukses-Pelaku-UMKM-Cek-di-sini

Pilihan untuk menjajal dunia bisnis adalah hak setiap orang, termasuk bagi pelaku UMKM. Meski berbeda dari bisnis dengan omset dan modal yang lebih besar, UMKM semestinya bisa jadi solusi jitu bagi milenial yang ingin memberdayakan diri dan lingkungan. Plus, bisa membawa nama Indonesia di pasar internasional. Anda ingin mencoba? 

Jangan lupa praktikkan kunci sukses pelaku UMKM di atas, ya! Selamat mencoba. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel