Tips Sukses di Bisnis Waralaba yang Wajib Anda Ketahui

Anda ingin coba-coba untuk terjun ke dunia bisnis? Atau, sudah memiliki bisnis sendiri dan ingin mengembangkan bisnis Anda? Anda bisa, lho, mencoba untuk menggunakan sistem bisnis waralaba (franchise). Bisnis waralaba yang saat ini populer di Indonesia, bisa jadi solusi jitu bagi Anda yang ingin jadi sukses di dunia bisnis. Ada dua istilah yang digunakan dalam bisnis waralaba. Pertama, franchisor yaitu pemberi waralaba (franchise). Kedua, franchisee yaitu penerima waralaba (franchise). 

Nah, berikut tips sukses di bisnis waralaba untuk Anda.

Tips-Sukses-di-Bisnis-Waralaba-yang-Wajib-Anda-Ketahui


6 Tips Sukses di Bisnis Waralaba

Cari Tahu Minat Anda

Sebagai franchisee, Anda perlu mencari tahu minat Anda terlebih dulu, sebelum memutuskan produk apa yang akan Anda jual dalam bisnis waralaba. Ini penting, karena dengan adanya minat, maka akan semakin mudah Anda mempelajari tentang produk tersebut. Misalnya, Anda punya minat yang tinggi pada roti, maka Anda bisa join untuk bisnis waralaba roti.

Pastikan Uang Anda Cukup

Memutuskan untuk menjalankan bisnis waralaba harus tetap disesuaikan dengan kapasitas Anda. Sebagai franchisee, Anda tentu perlu memperhitungkan jumlah uang yang Anda miliki. Misalnya, untuk jumlah investasi, pegangan untuk risiko, dan dana untuk menjalankan hidup paling tidak dalam 12 bulan ke depan. 

Susun rencana Anda sematang mungkin sebelum memulai bisnis waralaba. Jika perlu, konsultasikan dengan pengacara dan konsultan keuangan yang tepat.


Jual Produk yang Unik dan Menarik

Era milenial memang memiliki peran penting dalam perkembangan tren. Dalam bisnis waralaba pun, perlu mengikuti dan mengeksekusi setiap tren yang berlaku. Sehingga, akan sangat baik jika Anda menjual produk yang unik dan menarik untuk bisnis waralaba Anda.

Franchisor

Pilih produk Anda yang paling unik dan populer untuk dijadikan bisnis waralaba

Franchisee

Pilih franchisor yang menjadikan produk uniknya untuk bisnis waralaba. Cermati dan pelajari pelan-pelan setiap produk dari franchisor yang ada


Punya Brand yang Kuat

Manfaat branding memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, produk yang tidak memuaskan secara maksimal pun jika brand-nya sudah sangat kuat, tetap akan booming di pasaran. Misalnya, kue-kue yang di-endorse oleh para artis, meski kepopulerannya pun tidak bisa bertahan lama. 

Jadi, penting sekali untuk memiliki brand yang kuat pada produk yang Anda jual dalam bisnis waralaba. Tapi, tetap harus disesuaikan dengan rasa yang enak, tampilan yang menarik, dan packaging yang tepat.

Buat SOP yang Tepat

Franchisor

  • Buatlah sistem operasional sesimpel mungkin sehingga mampu terintegrasi dengan semua sistem yang ada. Agar franchisee bisa menjalankan standar kualitas sesuai dengan SOP yang ada

  • Jangan mengganti SOP yang sudah ada seenaknya, tanpa memikirkan kesulitan franchisee dalam menjalankannya

Franchisee

Ikuti semua SOP dan standar kualitas dari bisnis waralaba dengan sebaik-baiknya. Jika franchisor mengganti semua SOP seenaknya dan membahayakan bisnis Anda, maka tetap ikuti sistem yang ada, agar Anda tidak dirugikan.

Jalin Hubungan yang Baik

Franchisor dan franchisee harus sama-sama bisa menjalin hubungan yang baik. Agar bisnis waralaba yang dijalankan, bisa berjalan sukses sesuai dengan tujuan yang diinginkan.


Sama seperti bisnis lainnya, bisnis waralaba juga tetap membutuhkan semangat dan kerja keras dari Anda. Serta pengaturan strategi yang tepat, dan mau terus belajar dari kesalahan. Semoga tips sukses di bisnis waralaba ini bermanfaat. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel