Perhatian, Ini Dia Tips Membuat Karyawan Agar Betah Kerja di Perusahaan

Sama seperti pepatah bilang, “mempertahankan akan jauh lebih sulit dibanding mendapatkan”. Begitu juga dalam hal mengembangkan sebuah perusahaan. Dibutuhkan langkah yang tepat untuk bisa mempertahankan kinerja perusahaan, keuntungan yang didapat, bahkan sampai mempertahankan karyawan agar betah bekerja. 

Perhatian-Ini-Dia-Tips-Membuat-Karyawan-Agar-Betah-Kerja-di-Perusahaan


Untuk poin terakhir memang seringkali berkaitan dengan kebutuhan dan kepuasan dari karyawan itu sendiri. Tapi, sebagai pemilik atau pemimpin perusahaan, Anda pasti ingin agar para karyawan bisa betah di perusahaan, bukan? 

Nah, jika Anda bingung harus memulainya, simak tips agar karyawan betah kerja di perusahaan berikut ini.

Tips Agar Karyawan Betah Kerja di Perusahaan

Jalin Hubungan Baik dengan Karyawan

Poin utama yang harus Anda lakukan adalah jalin hubungan baik dengan seluruh karyawan. Tapi ingat! Ini bukan berarti Anda harus menjadi pemimpin yang tidak berwibawa. Tekankan bahwa meski posisi Anda sebagai pemimpin/atasan, Anda tetap bisa jadi partner kerja yang menyenangkan. 

Jadilah pemimpin yang tidak bossy, tapi leader yang memiliki integritas dan kemampuan leadership yang tinggi.


Ciptakan Ruang Kerja yang Menyenangkan

Atmosfer ruang kerja yang menyenangkan selalu sukses membuat karyawan betah bekerja, lho. Sehingga tidak menutup kemungkinan, kondisi ini akan melahirkan teamwork yang solid dan prestasi kerja yang optimal. Tentu, untuk jangka panjangnya, kondisi ini menjadikan target perusahaan bisa dicapai dengan mudah.


Adakan Diskusi Rutin

Ini poin penting! Proses pengembangan dari menjalin komunikasi adalah dengan mengadakan diskusi secara rutin. Bisa melalui meeting formal, atau diskusi santai bersama team masing-masing. Idealnya, semua divisi melakukan kegiatan ini. Agar segala permasalahan, ide-ide baru, dan keresahan yang dirasakan oleh karyawan, bisa sampai ke ‘telinga’ pemegang jabatan.


Tidak Sulit Memberi Apresiasi

Pada dasarnya, orang yang melakukan satu kesalahan lebih mudah terlihat dibanding yang melakukan puluhan kebaikan. Sehingga, kebanyakan orang lebih mudah untuk menghakimi, menyalahkan, atau menganggap sepele orang-orang bersalah. 

Tapi, apakah Anda termasuk orang yang mudah memberi apresiasi? Yup, sejatinya setiap orang ingin merasa berarti dan dihargai. Cobalah untuk mulai lebih sering memberi apresiasi atau pujian kepada karyawan Anda. Bila perlu, beri ia reward yang pantas, agar semakin semangat untuk bekerja. 


Penuhi Hak Karyawan

Dari beberapa penyebab orang memilih resign dari pekerjaannya, salah satunya adalah karena ada hak-haknya yang tidak dipenuhi. Misalnya, hak gaji yang sesuai, hak mendapatkan perlindungan asuransi, hak menggunakan cuti, dan sebagainya. 

Jadi, perhatikan poin ini, maka karyawan Anda pun akan semakin betah bekerja di perusahaan.


Sediakan Fasilitas yang Memadai

Bisa mendapatkan fasilitas untuk bekerja yang memadai, sebenarnya adalah salah satu hak karyawan. Meski bukan untuk kepentingan pribadi, tapi dengan tersedianya fasilitas yang baik, maka akan memudahkan pekerjaan karyawan. 


Sediakan Jenjang Karir yang Jelas

Bagi sebagian orang, berkarir di perusahaan adalah sebuah cita-cita yang ingin dicapai. Sehingga sebaiknya setiap perusahaan menyediakan jenjang karir yang jelas, yang bisa diraih oleh siapapun yang memang pantas mendapatkannya.

Sediakan Waktu Berlibur Bersama

Poin terakhir, berlibur! Yup, berlibur bersama karyawan adalah salah satu cara menjalin hubungan baik, teamwork, dan semangat kebersamaan, lho. Sediakan waktu untuk melakukan liburan bersama, misalnya dengan kegiatan outbond. Jadwalkan setiap berapa bulan atau setahun sekali.


Semoga artikel tentang tips agar karyawan betah kerja di perusahaan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel